3 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Perkembangan E Commerce di Indonesia

E Commerce di Indonesia beberapa tahun terakhir ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya platform e commerce di Indonesia. Tidak dapat kita pungkiri, internet dan teknologi yang berkembang telah banyak membantu dalam beraktivitas. Salah satunya adalah kegiatan berbelanja yang dapat dilakukan secara online .

Melihat tren e commerce yang semakin banyak peminatnya, banyak pengusaha yang membuka peluang bisnis mereka di bidang e commerce. Agar e commerce dapat bersaing dengan baik dengan bisnis online yang lain, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Berikut 3 faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan sebuah e commerce di Indonesia.

Performa E Commerce di Indonesia

Banyaknya pengguna smartphone di Indonesia, mempengaruhi kegiatan berbelanja online yang lebih banyak dilakukan melalui perangkat smartphone. Oleh karena itu, bisnis e commerce perlu menyediakan kemudahan akses melalui aplikasi mobile, atau menyediakan tampilan responsive yang dapat digunakan melalui desktop atau perangkat mobile. Kecepatan akses juga menjadi faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan e commerce di Indonesia. Pelanggan cenderung akan meninggalkan e commerce jika halaman tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dibuka. 

Pengalaman Belanja yang Baik

Pengalaman berbelanja yang baik menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda dapat memberikan beragam layanan untuk memudahkan kegiatan belanja pelanggan, seperti pengiriman barang yang praktis, sistem pembayaran yang mudah, serta layanan customer service yang selalu siap membantu kendala pelanggan. Selain itu kelengkapan fitur juga perlu untuk diperhatikan , mulai dari fitur keranjang belanja, tracking  online, kotak pencarian, dan lain-lain. Konsumen loyal merupakan faktor penting yang harus Anda pertahankan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan pengalaman belanja yang memuaskan.

Digital Marketing

Digital marketing dapat menjadi strategi pemasaran yang baik di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini. Anda dapat menginformasikan beragam info mulai dari info promo, diskon atau pun info yang lain melalui content marketing yang kreatif. Digital marketing juga dapat Anda lakukan melalui beragam platform social media. Selain sebagai media promosi, social media juga dapat Anda gunakan sebagai media untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Website Rangking di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita / Artikel lainnya