4 Cara yang Dapat Anda Lakukan Agar Web Lebih User Friendly

User friendly website merupakan web yang dapat membuat nyaman penggunanya. Desain atau tampilan yang digunakan mudah untuk dioperasikan sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari di dalam website. Perlu Anda ketahui, bahwa user friendly website juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat pengunjung berlama-lama dan mau untuk kembali mengunjungi web Anda. Jadi, design web yang user friendly juga perlu untuk Anda perhatikan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat user friendly website.

1. Navigasi yang mudah

Navigasi bekerja seperti peta di halaman web Anda. Di dalam web, terdapat beragam link atau pun content yang berbeda-beda, navigasi ini akan menjadi petunjuk bagi pengunjung web untuk menemukan informasi yang mereka cari di dalam web Anda. Oleh karena itu, navigasi perlu Anda buat sederhana atau mudah untuk digunakan. Pengunjung akan semakin mudah menemukan halaman-halaman lain jika menu link yang Anda buat dapat tampil dengan struktur yang baik.

2. Page Speed

Sebagian besar pengunjung akan meninggalkan website dengan waktu loading yang lama. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka Anda harus meningkatkan page speed halaman Anda. Pastikan web Anda tidak memuat banyak data dengan ukuran besar yang dapat membuat halaman web bekerja secara lambat.

3. Desain website responsive

Selain dapat mempengaruhi SEO, design responsive juga dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna web. Tampilan website dengan desain yang responsive dapat menyesuaikan secara otomatis dengan perangkat yang digunakan pengunjung web. Dengan demikian, pengguna yang menggunakan  smartphone atau pun PC dapat sama-sama menemukan content yang dicari dengan mudah.

4. Content nyaman untuk dibaca

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika membaca content, Anda harus berhati-hati dalam pemilihan warna. Anda harus memilih warna background dan warna text yang dapat membuat nyaman mata pengguna. Anda juga dapat memilih jenis font yang sederhana sehingga tulisan mudah untuk dibaca. Selain itu, hindari penggunaan jenis font yang berbeda-beda di dalam  satu halaman yang sama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita / Artikel lainnya