4 Faktor yang Mempengaruhi Page Speed Halaman Web

Page speed sebuah halaman website perlu untuk Anda tingkatkan jika Anda tidak ingin kehilangan pengunjung hanya karena masalah loading page. Sebagian besar pengunjung web biasanya akan memutuskan untuk keluar dari sebuah situs web ketika halaman yang ingin diakses membutuhkan waktu yang lama untuk terbuka.

Web dengan akses yang cepat dapat memberikan peluang kepada pengunjung untuk membuka content, link, atau kategori-kategori lain di halaman web karena pengunjung tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan apa yang ingin mereka lihat. Dengan demikian, page speed akan menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan agar pengunjung bisa merasa betah ketika mengakses situs web Anda. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi page speed sebuah halaman website, berikut informasinya.

Web Hosting

Ketika Anda memutuskan untuk membuat website, maka Anda harus memilih web hosting secara lebih cermat. Anda dapat memastikan bahwa web hosting yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan web Anda. Jika web hosting yang Anda pilih tidak sesuai dengan kebutuhan web atau memiliki kualitas performa server yang buruk maka waktu loading halaman website dapat menjadi lambat.

Ukuran Gambar di Halaman Web

Secara umum, semakin banyak dan semakin besar ukuran gambar yang Anda muat di halaman web, maka akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk menampilkannya.  Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengatur jenis dan ukuran gambar atau file lain yang ingin Anda upload untuk menjaga page speed yang tetap ringan sehingga halaman web mudah untuk diakses.

Plugin

Plugin merupakan kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan sebuah aplikasi dapat menjalankan fitur tambahan. Jika Anda menggunakan plugin yang terlalu banyak, maka dapat mempengaruhi performa page speed web Anda. Sebaiknya gunakan plugin yang paling Anda butuhkan dan hapus plugin yang jarang Anda gunakan.  

Tema

Tema yang Anda gunakan juga mempengaruhi kecepatan load halaman website. Tema yang interaktif memang terlihat menarik, namun Anda juga harus mempertimbangkan atau melakukan optimasi agar tema tidak memperlambat page speed.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Website Rangking di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita / Artikel lainnya