5 Kelebihan yang Terdapat dalam Framework Laravel

Framework merupakan sebuah kerangka kerja yang digunakan oleh para web developer atau pun programmer dalam pembuatan sebuah web dan aplikasi. Dengan bantuan framework maka proses pengembangan dapat menjadi lebih mudah dan cepat. Saat ini terdapat berbagai jenis framework yang digunakan, namun salah satu yang paling populer adalah laravel.

Laravel merupakan PHP framework yang dirilis di bawah lisensi MIT. Framework ini dibangun dengan konsep MCV yaitu sebuah metode pembangunan aplikasi dengan cara memisahkan data ( Model ) dari tampilan ( View ), dan cara memprosesnya ( Controller ). Meskipun saat ini terdapat banyak framework yang dapat digunakan, namun kemampuan Laravel mampu menarik perhatian banyak web developer. Berikut ini beberapa kelebihan framework ini.

1. Laravel bersifat Open Source

Laravel merupakan framework yang bersifat open source . Oleh karena itu Anda dapat  menggunakannya secara gratis. Framework ini juga banyak digunakan karena  web developer dapat menggunakannya untuk dikembangkan lagi. 

2. Mudah dengan dokumentasi yang lengkap

Framework ini banyak digunakan karena dokumentasinya yang lengkap serta selalu diperbarui. Dokumentasi yang disediakan dalam framework ini juga tergolong sangat rapi dan jelas. Jika Anda merupakan salah satu web developer yang memiliki basic dalam pemahaman PHP, maka Anda dapat dengan mudah menggunakan PHP framework jenis ini. 

3. Blade Template

Hal lain yang menjadi kelebihan adalah adanya sistem blade template. Sistem ini dapat membantu web developer untuk membuat sebuah template menjadi lebih terstruktur serta dinamis. Dengan fitur blade maka pekerjaan yang sama tidak perlu dilakukan lagi secara berulang-ulang.

4. Migrasi Database

Fitur migration menjadi fitur lain yang diunggulkan oleh framework ini. Dengan migrasi database, maka Anda tidak perlu membuat ulang struktur database yang baru karena sistem akan melakukan migrasi data secara langsung.

5. Keamanan

PHP framework ini memberikan beberapa pilihan yang dapat digunakan agar aplikasi tetap aman. Salah satu sistem keamanan yang dimiliki laravel adalah PDO yang dapat mencegah SQL Injection.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita / Artikel lainnya