5 Tahap Belajar Web Programming

Web programming merupakan suatu cara atau pun proses dalam pembuatan program web. Jika Anda mempunyai keinginan untuk dapat mahir serta menguasainya dengan baik maka terdapat berbagai hal yang harus mulai Anda pelajari dari sekarang. Sebagai tahap awal, Anda dapat mempelajari beberapa tahapan utama terlebih dahulu. Berikut ini tahapan-tahapan umum yang bisa Anda jadikan panduan dalam mempelajari web programming.

1. Mempelajari HTML

HTML merupakan komponen inti dalam halaman website, oleh karena itu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari HTML. Secara garis besar, HTML ini berfungsi untuk menampilkan link, tulisan dan komponen utama lain di dalam halaman website. Jika Anda mempunyai kemampuan dalam menggunakan web browser maka tahap ini bisa dengan mudah untuk Anda kuasai.

2. Mempelajari CSS dan PHP

Setelah mahir dasar-dasar HTML, langkah selanjutnya Anda dapat mempelajari CSS dan juga PHP. CSS atasu Cascading Style Sheet adalah bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan suatu dokumen. CSS ini akan bekerja sebagai pelengkap HTML dan mengatur tampilan sebuah web. Sedangkan PHP merupakan Personal Home Page yang digunakan membuat aplikasi yang diintegrasikan di dalam HTML sehingga halaman web dapat bersifat dinamis. Agar bisa menguasai PHP dengan baik, maka sebaiknya Anda juga mempunyai kemampuan dasar-dasar programming.

3. Database

Komponen yang mempunyai peran penting dalam sistem informasi adalah komponen database. Komponen ini berguna untuk menyimpan informasi yang nantinya dapat diakses melalui halaman web. Terdapat beragam aplikasi database yang dapat Anda gunakan, salah satu yang dapat Anda gunakan adalah MySQL.

4. Javascript

Javascript juga penting untuk Anda pelajari. Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan agar halaman web menjadi lebih interaktif sehingga dapat menarik perhatian pengunjung web. Javascript juga tidak membutuhkan compiler karena web browser dapat menginterpretasikannya dengan HTML.

5. Framework

Belajar framework akan memberi Anda banyak kemudahan. Dengan adanya framework maka Anda dapat mengembangkan suatu web dengan lebih cepat dan mudah. Framework yang telah Anda kuasai nantinya dapat Anda gunakan berulang-ulang atau dimodifikasi untuk mengembangkan sebuah halaman web.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita / Artikel lainnya