Apa Itu APK dan Tips Aman Mendownloadnya Dari Pihak Ketiga

Apa Itu APK dan Tips Aman Mendownloadnya Dari Pihak Ketiga

Jika Anda merupakan pengguna smartphone Android, tentunya tidak asing dengan istilah APK (Android Package Kit). Lalu apa itu APK? Secara garis besar, APK adalah model aplikasi Android yang digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang nantinya akan dijalankan pada sebuah perangkat Android.

Salah satu platform yang mempunyai banyak pilihan aplikasi di dalamnya adalah Google Play Store. Melalui platform ini, para pengguna smartphone Android dapat mendownload atau mengunduh aplikasi yang mereka inginkan untuk digunakan pada smartphone mereka.

Meski begitu, masih banyak juga beberapa developer yang belum memasukkan aplikasi mereka ke dalam Google Play Store dengan beberapa alasan. Namun, jika Anda hendak menggunakan APK yang di download selain dari Google Play Store, diperlukan izin pengguna terlebih dahulu.

Apa itu APK

APK adalah sebuah ekstensi format kumpulan file yang digunakan untuk memasang sebuah aplikasi Android pada smartphone Anda. Cara kerja APK mirip seperti pemasangan instalasi aplikasi pada Windows dengan menggunakan format .EXE.

Baca Juga: Apa Itu Frameworks, Jenis dan Manfaatnya Bagi Website dan Aplikasi

Terdapat beberapa alasan mengapa APK sangat penting. Salah satunya untuk menghindari bocornya aplikasi sebelum aplikasi tersebut dirilis. Namun disisi lain, APK sangat penting bagi beberapa orang yang di negaranya tidak menyediakan aplikasi tersebut secara resmi, sehingga dengan APK tersebut tentunya membuat Anda dapat menggunakannya.

Keamanan APK

Jika Anda mendownload sebuah aplikasi dari platform Google Play Store, maka sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi atau APK yang Anda download telah aman dari berbagai gangguan virus atau malware. Sebaliknya, APK atau aplikasi yang di download di luar platform tersebut perlu dicurigai tingkat keamanannya.

Hal ini karena platform Google Play Store mempunyai algoritma untuk mengetahui jenis APK seperti apa yang tidak aman dan tergolong sebagai aplikasi pencuri data dengan sangat mudah yang kemudian akan dihapus dalam daftar platform tersebut agar tidak merugikan pengguna.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tidak ada proteksi khusus untuk APK yang diunduh selain dari platform Google Play Store. Karena itu, Anda perlu berhati-hati sebab banyak developer nakal yang membuat trik jahat dengan tujuan untuk membujuk penggunanya memasang aplikasi mereka. Namun, ternyata aplikasi yang mereka unduh terdapat ransomware atau malware di dalamnya.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh para pengguna Android adalah Software Downloader Youtube. Namun aplikasi ini tidak akan Anda dapatkan pada platform Google Play Store sehingga Anda perlu mendownloadnya melalui pihak ketiga. Namun sangat disarankan untuk berhati-hati karena banyak dari pihak ketiga yang menyematkan ransomware dan malware di dalamnya.

Sangat disarankan untuk mendownload aplikasi melalui Google Play Store agar apk yang And download tidak tertanam virus ransomware dan malware. Keuntungan mendownload di Google Play Store adalah bisa mendapatkan pembaharuan secara reguler di setiap aplikasi yang Anda download.

Struktur File APK

File APK layaknya file zip pada windows. Namun, file APK mempunyai file pondasi dengan beberapa struktur, antara lain yaitu:

  • AndroidManifest.xml

Pada file xml ini, terdapat deskripsi dari berbagai perintah yang dituliskan ke informasi file lainnya.

  • Build.xml

Merupakan sebuah script ant yang bertugas untuk melakukan compile kemudian untuk menginstalnya ke device Anda.

  • Bin/

Pada struktur ini terdapat hasil APK

  • Res/

Merupakan struktur file yang terdapat banyak sumber komponen, mulai dari GUI, Interface, String gambar, Layout, dan berbagai komponen lainnya. 

  • Src/

Merupakan struktur tempat Activity sekaligus sebagai sumber Class Activity atau aktivitas. Contohnya jika Anda menekan sebuah tombol, maka secara otomatis jaringan data juga akan langsung aktif.

  • Assets/

Merupakan struktur file yang di dalamnya memuat file static yang dikemas sedemikian rupa dalam sebuah aplikasi untuk digunakan pada sebuah device.

Tips Aman Mendownload File APK

Baca Juga: Tips Memilih Perusahaan Software Developer Terbaik untuk Proyek Anda

Meski mendownload file APK dari pihak ketiga memiliki risiko yang sangat tinggi, namun ternyata Anda masih tetap dapat mendownloadnya secara aman loh tanpa harus khawatir disusupi oleh virus ransomware atau malware yang dapat merugikan pengguna. Berikut ini tips aman mendownload file APK dari pihak ketiga.

1. Menggunakan APK Pure

APK Pure merupakan salah satu tempat yang dapat Anda manfaatkan untuk mengunduh berbagai jenis file APK yang terdapat di Google Play Store. Bukan hanya itu saja, APKPure mempunyai algoritma keamanan layaknya Google Play Store sehingga terjamin keamanannya.

Keunggulan APKPure jika dibandingkan dengan platform lainnya adalah terdapat pilihan berbahasa Indonesia yang dapat memudahkan Anda dalam mencari informasi yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.

2. Menggunakan APKMirror

APKMirror adalah salah satu situs penyedia file APK terbaik dan terpopuler, terutama bagi para mobile developer professional. Situs website ini telah lama dikenal sebagai situs dengan file APK paling lengkap jika dibandingkan dengan para kompetitor. 

Situs APK Mirror sebelum memunculkan aplikasi yang telah dibuat oleh para developer dan ingin ditampilkan pada situs mereka, maka perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Melakukan verifikasi file APK
  • Melakukan pengecekan dengan metode Cryptographic Signatures jika terdapat update atau pembaruan

3. Menggunakan APK Downloader

Dibandingkan dengan 2 kompetitor sebelumnya, APK Downloader adalah sebuah situs kumpulan APK alternatif yang dapat Anda manfaatkan apabila file APK yang Anda cari tidak terdapat pada kedua situs kumpulan APK lainnya.

Situs APK Downloader ternyata juga memiliki peraturan yang ketat, terutama aturan mengenai keamanannya agar aplikasi yang dibuat oleh developer dapat muncul pada situs mereka dan dapat dipergunakan oleh pengguna dengan aman.

Itulah beberapa penjelasan apa itu APK, struktur file APK, dan tips aman mendownload APK dari pihak ketiga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda mencari penyedia jasa layanan pembuat dan pengembang mobile developer, baik Android maupun iOS dapat mengunjungi website WDI sekarang juga.

2 thoughts on “Apa Itu APK dan Tips Aman Mendownloadnya Dari Pihak Ketiga

  1. Pingback: blote tieten

Comments are closed.

Berita / Artikel lainnya