Apa Itu E-wallet? Pengertian dan Contoh E-Wallet Indonesia

Apa Itu E-wallet? Pengertian dan Contoh E-Wallet Indonesia

Apa Itu E-wallet? E-wallet adalah software, perangkat elektronik, atau layanan online yang memungkinkan individu atau bisnis melakukan transaksi secara digital. Sekarang sudah ada begitu banyak e-wallet yang tersedia di Indonesia. Ingin tahu apa saja contohnya? Yuk simak artikel berikut.

Seperti yang kita tahu, sejak beberapa tahun terakhir pengguna e-wallet terus meningkat. Bahkan, banyak orang saat ini lebih memilih untuk menggunakan financial technology daripada harus melakukan pembayaran secara cash ketika melakukan pembelian. Alasannya karena sistem e-wallet memungkinkan proses pembayaran bisa dilakukan secara efektif dan efisien hanya melalui melalui perangkat smartphone. Seiring jumlah pengguna smartphone yang terus meningkat maka besar kemungkinan jika pengguna e-wallet pun akan terus bertambah. 

Meskipun e-wallet sudah semakin populer di Indonesia, namun pada kenyataannya masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui pengertian atau penjelasan mengena apa itu e-wallet. Nah, jika Anda ingin mengetahui penjelasan selengkapnya mengenai apa itu e-wallet, jangan khawatir karena kami akan membantu menyajikan informasinya untuk Anda.

Apa Itu E-Wallet?

E-wallet adalah aplikasi atau platform pengelola uang yang aman dan memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan transaksi secara digital atau cashless. Perlu Anda tahu, e-wallet juga dikenal dengan istilah dompet digital karena selama smartphone atau perangkat Anda terhubung dengan koneksi internet, maka Anda bisa menggunakan e-wallet ini untuk menyimpan dana serta melakukan berbagai transaksi keuangan.

Meskipun e-wallet sebenarnya dapat diakses melalui perangkat seluler ataupun desktop, namun sebagian besar e-wallet hadir dalam bentuk aplikasi mobile. Salah satu penyebabnya adalah karena aplikasi seluler dapat diakses dengan mudah melalui perangkat smartphone pengguna.  

Bagaimana Cara Menggunakan E-Wallet?

Untuk menggunakan e-wallet ini, pertama-tama Anda perlu menentukan aplikasi e-wallet mana yang akan digunakan. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh aplikasi e-wallet melalui App Store atau Play Store di perangkat smartphone Anda.
  • Jika aplikasi sudah terpasang, Anda dapat memasukkan nomor handphone pribadi. Setelah itu, isi data-data lain yang dibutuhkan oleh sistem e-wallet tersebut seperti nama lengkap, alamat, dan lain-lain.
  • Apabila semua data yang dibutuhkan sudah terisi, Anda bisa klik menu “daftar” untuk mendapat kode OTP untuk melakukan proses verifikasi. Perlu Anda ingat untuk tidak membagikan kode OTP pada pihak lain karena data-data di e-wallet Anda bisa berisiko dipergunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Nah, setelah proses verifikasi selesai maka Anda sudah berhasil membuat akun e-wallet. Anda bisa melakukan top up saldo dan mempergunakannya untuk berbagai transaksi digital. Ketika Anda menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi online maupun offline dengan scan barcode, maka saldo akan terpotong otomatis.

E-Wallet Indonesia Paling Populer

1. OVO

Contoh e-wallet Indonesia yang pertama adalah OVO. E-wallet ini didirikan oleh Lippo Group dan hadir di Indonesia sekitar sekitar tahun 2017. OVO juga sudah mendapat izin e-money dari Bank Indonesia untuk beroperasi sebagai perusahaan fintech. Setelah diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia, beberapa pihak memutuskan untuk bergabung sebagai investor seperti Tokyo Century Corporation, Grab, dan Tokopedia. 

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kemudahaan transaksi digital, OVO menyediakan beberapa jenis layanan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk melakukan transaksi baik secara online ataupun offline di berbagai merchant yang bekerja sama dengan OVO.
  • Pembelian pulsa telepon, listrik, internet, dan asuransi
  • Membayar layanan aplikasi Grab.
  • Memberikan donasi.
  • dan lain-lain

2. DANA

E-wallet atau dompet digital DANA didirikan sekitar tahun 2018 oleh PT Espay Debit Indonesia Koe. E-wallet ini juga sudah terdaftar di Bank Indonesia dan memiliki empat lisensi yaitu sebagai uang elektronik, dompet digital, kirim uang, dan Likuiditas Keuangan Digital (LKD). DANA juga menyediakan beragam fitur untuk para penggunannya. Beberapa di antaranya seperti transaksi digital, pembayaran pajak secara online, kirim uang dan tarik tunai di Alfamart, dan lain-lain.

3. ShopeePay

E-wallet ini merupakan layanan dompet digital milik PT Airpay International Indonesia dan sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia pada Agustus 2018.  Saat ini, ShopeePay digunakan sebagai salah satu metode pembayaran di platform e-commerce Shopee. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna e-commerce tersebut, pengguna ShopeePay pun ikut meningkat. Melalui e-wallet ini, pengguna Shopee bisa melakukan berbagai transaksi pembelian produk dengan mudah.

Untuk bisa menggunakan Shopeepay, maka Anda perlu menginstal aplikasi Shopee terlebih dahulu. Jika aplikasi sudah terpasang, Anda bisa membuka menu ShopeePay dan memanfaatkannya untuk melakukan berbagai transaksi yaitu:

  • Melakukan transaksi digital pada aplikasi maupun web Shopee.
  • Melakukan pembayaran di luar Shopee, seperti di aplikasi maupun web Merchant.
  • Membayar transaksi offline dengan merchant-merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay.
  • Menerima atau mengirim saldo ke sesama pengguna Shopeepay.
  • Menarik saldo ke rekening bank Anda.

Baca Juga: Keuntungan Payment Gateway Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

4. GoPay

GoPay adalah dompet digital untuk melakukan pembayaran ataupun transaksi keuangan dari aplikasi Gojek. E-wallet ini juga sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia. 

Dengan menggunakan GoPay Anda bisa melakukan pembayaran untuk berbagai layanan yang disediakan oleh Gojek seperti Gocar, GoRide, GoFood, dan lain-lain. Selain itu, GoPay juga dapat Anda pergunakan untuk transfer ke rekening bank, tarik tunai saldo, serta membayar tagihan harian seperti listrik, pajak, dan lain-lain.

5. LinkAja

Selain keempat e-wallet yang sudah kami sebutkan di atas, LinkAja juga memiliki cukup banyak peminat di Indonesia. E-wallet ini didirikan oleh PT Fintek Karya Nusantara dan sejak tahun 2019 yang lalu sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia. 

Untuk fitur-fitur yang disediakan juga beragam. Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah melalui aplikasi, membeli BBM di pertamina,pembayar tagihan listrik, membeli tiket KRL, dan masih banyak lagi. Selain itu, perlu Anda tahu bahwa LinkAja ini menyediakan layanan bernama LinkAja Syariah sehingga bisa menjadi solusi bagi para pelanggan yang ingin melakukan transaksi sesuai dengan prinsip syariah. 

Baca Juga: Peran Penting Cyber Security di Dunia Bisnis Tanah Air

Itu dia penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu e-wallet. Beberapa contoh e-wallet Indonesia di atas telah membantu banyak orang agar bisa melakukan transaksi pembelian secara lebih simple dan aman. Seiring dengan perkembangan teknologi, tidak menutup kemungkinan jika aplikasi e-wallet di Indonesia akan bertambah banyak dan semakin beragam.

Untuk mendukung proses transformasi digital, WDI menyediakan daftar web developer Indonesia yang profesional dan terpercaya. Anda bisa mempergunakan layanan yang mereka tawarkan untuk membantu mengembangkan website ataupun aplikasi yang mampu mendorong lebih banyak penjualan di perusahaan Anda.

2 thoughts on “Apa Itu E-wallet? Pengertian dan Contoh E-Wallet Indonesia

Comments are closed.

Berita / Artikel lainnya