Aplikasi Google Foto Tidak Lagi Gratis, Ini yang Harus Anda Lakukan

Aplikasi Google Foto Tidak Lagi Gratis, Ini yang Harus Anda Lakukan

Jika Anda sering menyimpan foto Anda melalui layanan Google Foto, bersiaplah untuk menerima tagihan dari pihak Google. Hal ini karena mulai tanggal 1 Juni nanti, penyimpanan foto, gambar, ataupun video menggunakan aplikasi Google Foto tidak lagi gratis. 

Hal ini berdasarkan kebijakan baru di Google, dimana setiap penyimpanan 15GB gratis yang disertakan pada setiap akun Google juga akan menyertakan Foto Google. Saat ini, foto yang telah disimpan oleh pengguna dengan kualitas tinggi tidak diperhitungkan dalam ruang 15GB ini. Karena itu, sebelum kebijakan yang baru berlaku sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan beberapa hal ini, antara lain yaitu:

1. Mencadangkan foto sebanyak mungkin sebelum tanggal 1 Juni

Karena kebijakan baru akan dimulai tanggal 1 Juni, maka hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan seluruh foto berkualitas tinggi sebanyak mungkin ke dalam layanan Google Foto karena tidak akan mempengaruhi penyimpanan akun Google Anda.

2. Mengubah kualitas asli gambar menjadi kualitas tinggi

Sebelum tanggal 1 Juni, Google telah mengizinkan para pengguna untuk mengunggah dan mencadangkan foto dalam dua versi, yaitu kualitas tinggi dengan kualitas asli. Foto dengan kualitas tinggi maksudnya adalah Google mengubah ukuran gambar yang ukurannya lebih besar dari 16 megapiksel menjadi 16 megapiksel dengan tujuan untuk menghemat ruang.

Saat ini, karena gambar dengan kualitas tinggi masih belum dihitung dalam kuota penyimpanan gratis 15 GB, maka sangat disarankan untuk mengubah foto kualitas asli dengan kualitas tinggi mengingat penyimpanan yang digunakan berupa cloud storage.

3. Menghapus seluruh foto atau gambar duplikat dan buram

Langkah yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menghapus seluruh foto dan gambar duplikat yang Anda anggap tidak penting. 

4. Membersihkan file yang tidak diinginkan dari Google Drive dan Gmail

Setelah diberlakukannya peraturan baru sejak tanggal 1 Juni yang akan datang, maka gambar berkualitas tinggi milik pengguna juga akan dihitung ke dalam penyimpanan gratis 15 GB dari Google. Mengingat kapasitas 15 GB juga digunakan bersama dengan Google Drive dan Gmail, maka sangat disarankan untuk membuang beberapa file dan email yang tidak lagi diperlukan.

5. Membuat akun gmail lain khusus untuk mencadangkan gambar

Jika terdapat banyak data yang harus diperiksa dan dibersihkan dari akun Anda, maka solusi tercepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat akun Gmail terpisah khusus pencadangan foto di akun tersebut. Karena dibuat khusus untuk menyimpan foto dan gambar, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada Gmail atau Google Drive Anda.

6. Transfer foto ke ponsel dengan penyimpanan internal besar

Jika ponsel yang Anda gunakan mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, seperti 256 GB atau 512 GB, maka sangat disarankan untuk memi. ndahkan seluruh foto atau gambar Anda ke sana. Hal ini bertujuan agar mengurangi ketergantungan Anda pada layanan Google Foto.

7 Transfer foto ke layanan iCloud bagi pengguna iPhone

Jika Anda merupakan pengguna iPhone, maka sangat disarankan untuk mentransfer foto Anda ke iCLoud. Anda juga bisa mendapatkan langganan Apple One untuk mendapatkan penawaran paket atau mendapatkan penyimpanan iCloud tambahan sebesar 50 GB.

Sebagai salah satu mesin pencari terpopuler dan paling banyak digunakan di dunia, Google meluncurkan banyak layanan menarik. Salah satunya adalah layanan aplikasi Google Foto. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi penyimpanan foto, gambar dan video menggunakan sistem cloud storage.

Google telah mengembangkan aplikasi ini dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah fitur stabilizer video yang merupakan fitur editing untuk membuat gambar, foto atau video Anda tetap stabil tanpa bergoyang sama sekali.

Cara Menstabilkan Video di Google Foto

Saat Anda merekam sebuah peristiwa, terkadang video yang Anda ambil goyang dan tidak stabil. Untuk mengatasinya, biasanya para fotografer akan menambahkan fitur stabilizer saat mengedit video tersebut.

Fitur stabilizer yang disediakan oleh Google pada aplikasi Google Foto terbilang cukup mudah dan praktis. Nah, berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menstabilkan video di Google Foto.

1. Membuka aplikasi Google Foto, tap menu galeri yang berlokasi di pojok kanan bawah

2. Memilih video yang akan Anda stabilkan menggunakan aplikasi Google Foto tersebut

3. Tekan tombol edit yang letaknya berada di sebelah tombol tempat sampah. Tombol tersebut berfungsi untuk mengakses berbagai fitur editing yang terdapat di Google Foto.

4. Klik tombol Stabilize yang bentuknya kotak. Tombol ini berada tepat di sebelah tombol putar atau rotate

5. Tunggu hingga Google Foto selesai dalam menstabilkan video Anda

6. Tekan tombol simpan salinan untuk menyimpan video yang telah Anda stabilkan menggunakan Google Foto.

Itulah beberapa tips dan informasi mengenai Google Foto. Untuk mengetahui informasi mengenai layanan Google lainnya, Anda dapat mencari informasi melalui WDI news. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

2 thoughts on “Aplikasi Google Foto Tidak Lagi Gratis, Ini yang Harus Anda Lakukan

  1. Pingback: indovip slot

Comments are closed.

Berita / Artikel lainnya