4 Cara Instal Ulang WordPress dengan Aman Tanpa Kehilangan Data

4 Cara Instal Ulang WordPress dengan Aman Tanpa Kehilangan Data

Banyak orang mencari cara instal ulang WordPress dengan aman karena takut kehilangan data atau konten yang ada di dalamnya. Pada kondisi tertentu, instal ulang WordPress memang menjadi satu-satunya jalan setelah berbagai cara troubleshoot tidak mampu memperbaiki masalah yang muncul di dalam website.

Sama seperti ketika PC Anca sedang macet dan Anda tidak menemukan cara untuk mengembalikannya bekerja, maka solusi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan me-restart seluruh sistem.

Mengapa instal ulang WordPress dilakukan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, instal ulang dilakukan ketika terjadi suatu masalah. Beberapa contoh masalah tersebut seperti:

1. Kerusakan pada tema dan plugin

Terdapat beberapa kasus dimana tema dan plugin yang digunakan mengalami kerusakkan. Jika hal ini terjadi, Anda dapat uninstall plugin atau tema dan mencoba untuk menggunakan versi yang paling kompatibel. Jika masalah tetap terjadi, Anda perlu menginstal ulang WordPress.

2. Muncul masalah kompatibilitas WordPress

Saat Anda menginstal WordPress di web hosting, terkadang WordPress menunjukkan perilaku yang aneh karena ada masalah kompatibilitas dengan plugin. Oleh karena itu, untuk memperbaikinya, pengguna WordPress memilih untuk menginstal ulang ke versi sebelumnya. 

3. Terkena serangan hacker

Serangan hacker dapat membuat website Anda rusak dan tidak bisa beroperasi dengan baik. Untuk mengatasinya, pengguna sering kali memilih untuk menginstall ulang WordPress yang dimilikinya.

Nah, jika saat ini Anda mengalami masalah di atas dan ingin mengetahui bagaimana cara instal ulang WordPress dengan aman, berikut beberapa yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 5 Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress yang Bisa Anda Lakukan

4 Cara Instal Ulang WordPress Tanpa Kehilangan Data

Meskipun metode-metode berikut ini akan membantu Anda untuk bisa instal WordPress tanpa kehilangan data, namun sebaiknya Anda tetap melakukan backup terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan sebagai tindakan antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Cara install ulang WordPress melalui admin dashboard

Salah satu cara instal ulang WordPress yang mudah dan aman adalah dengan melakukannya melalui admin dashboard. Pertama, Anda harus login ke halaman Admin, setelah itu buka halaman dashboard > Updates >  Re-install . Setelah Anda menekan tombol “Re-instal” maka sistem akan terupdate secara otomatis dan Anda hanya perlu menunggu beberapa detik. Dalam proses ini, semua data akan tetap tersimpan dengan aman.

2. Cara install ulang WordPress melalui FTP

Jika Anda saat ini tidak bisa mengakses admin dashboard, maka Anda dapat melakukannya melalui FTP. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Download WordPress versi terbaru dari WordPress.org
  • Setelah proses download selesai, ekstrak file .zip WordPress tersebut. 
  • Cari folder “wp-content” kemudian hapus folder tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak terjadi overwriting folder yang sama di web server.
  • Selanjutnya, hubungkan host dengan FTP client dan upload file yang tersisa ke folder tempat Anda menginstal WordPres. Biasanya, WordPress tersimpan di folder root dan bernama public atau public_html.
  • Saat Anda mulai mengunggah file, program FTP akan menampilkan prompt Target file already exists. Ketika hal ini terjadi, pilih opsi “Overwrite” dan klik “Continue”. 

Karena sebelumnya Anda sudah menghapus folder wp-content , maka proses ini akan menimpa semua file inti WordPress tanpa mempengaruhi tema atau plugin yang Anda gunakan. Setelah proses upload file selesai, Anda dapat memiliki salinan file inti WordPress yang baru diinstal.

3. Cara install ulang WordPress melalui WP-CLI

Anda juga dapat menginstal ulang WordPress core menggunakan WP-CLI yaitu command line tool untuk mengelola berbagai aspek instalasi WordPress. Tool ini dapat digunakan untuk menghapus pengguna, postingan, menyisipkan data pengujian, dan masih banyak lagi. Untuk mengunduh WordPress core tanpa mengubah tema atau plugin default, perintah berikut dapat digunakan:

wp core download --skip-content --force

4. Gunakan Plugin WordPress

WordPress memiliki berbagai plugin dengan beragam fungsionalitas tidak terkecuali untuk membantu proses instal ulang. Beberapa contoh plugin yang bisa Anda gunakan seperti WP Reset, Advanced WordPress Reset, WP Database Reset, atau Frontend Reset Password. Namun perlu Anda ketahui, plugin-plugin tersebut hanya akan membantu Anda untuk mengatur ulang situs WordPress Anda dan bukan untuk instalasi WordPress ke versi terbaru. 

Baca Juga: 5+ Cara Mengamankan WordPress dari Serangan Hacker

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk instal ulang WordPress. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membangun website WordPress untuk bisnis Anda. 

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan website berbasis WordPress, saat ini sudah ada banyak agensi web developer yang siap membantu Anda. Untuk menemukan agensi atau perusahaan web developer terbaik di Indonesia, Anda dapat mencarinya dari daftar web developer yang sudah kami sediakan. Silakan lakukan pencarian dengan klik berikut Cari Web Developer Indonesia, kemudian pilih kota dan layanan yang ingin Anda gunakan. Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan layanan mereka karena perusahan-perusahaan web developer yang terdaftar di WDI merupakan perusahaan profesional dan terpercaya. 

Berita / Artikel lainnya