Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik Bagi Klien

Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik Bagi Klien

Bagi seorang freelancer atau profesional, portofolio merupakan salah satu hal yang paling penting. Pembuatannya pun tidak bisa dibilang mudah loh. Namun, saat ini Anda sudah bisa membuat portofolio secara online. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat portofolio online dengan mudah.

Pembuatan portofolio terbilang tidak cukup mudah, karena Anda harus benar-benar membuatnya semenarik mungkin agar klien tidak lari dan akhirnya memilih kompetitor untuk menyelesaikan proyek mereka. 

Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik

Terdapat 7 poin yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah portofolio online agar tampil menarik di hadapan klien sehingga memberikan peluang besar untuk dapat diterima. Beberapa poin tersebut, antara lain yaitu:

1. Hosting yang tepat

Cara membuat portofolio online yang pertama adalah memilih hosting yang tepat. Sebab, jika salah memilih akan menimbulkan berbagai kendala yang membuat klien kesulitan dalam mengunggah portofolio Anda sehingga membuat mereka beralih ke kompetitor yang mempunyai portofolio lebih siap.

2. Bercerita melalui biodata

Cara membuat portofolio lainnya yang diklaim mampu membuat klien tertarik dengan portofolio Anda adalah dengan menggunakan teknik bercerita dalam menjelaskan biodata Anda. Melalui teknik bercerita, akan menumbuhkan koneksi, kepribadian, serta membuat kesan Anda menjadi lebih ramah dan menarik di mata klien.

Baca Juga: Cara Mengatasi Error 404 Not Found yang Terjadi pada WordPress

Beberapa hal yang wajib ditulis, seperti nama dan kemampuan dapat Anda ekspresikan melalui jalan cerita yang menarik untuk dibaca. Misalnya saja, Anda mendapatkan kemampuan tersebut dari orang lain yang mengajari, atau pelatihan, dan lain-lain.

Hal lain yang dapat Anda tulis dengan metode bercerita adalah mengenai hobi di waktu luang, alasan memilih jurusan, pencapaian yang telah Anda raih, dan berbagai hal lainnya. 

3. Menampilkan proyek terbaik

Cara pembuatan portofolio online lainnya adalah dengan menampilkan semua pekerjaan/ proyek yang telah Anda selesaikan sebelumnya. Namun kami merekomendasikan untuk menampilkan berbagai proyek yang Anda anggap terbaik, membanggakan, dan relevan dengan proyek klien meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Hal ini bertujuan agar memudahkan klien dalam melihat hasil pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya sehingga membuat klien tertarik untuk memilih Anda dalam membuat dan mengembangkan proyek mereka.

4. Penjelasan terhadap seluruh proyek

Hal lain yang perlu ditampilkan dalam portofolio online Anda adalah deskripsi atau penjelasan dari seluruh proyek yang telah Anda lakukan. Sangat direkomendasikan untuk membuat deskripsi proyek dengan penjelasan-penjelasan yang jelas, menjual, dan menarik.

Dalam penjelasan tersebut, sebaiknya Anda juga menulis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh klien dan jangan takut untuk menunjukkan seluruh detail proyek yang telah Anda lakukan sekaligus menunjukkan perubahan positif apa saja yang telah Anda berikan kepada klien sebelumnya.

5. Memperhatikan gambar yang dipilih

Cara terbaik untuk membuat klien tertarik dengan Anda adalah dengan menampilkan bukan hanya teks saja namun juga visual. Jika Anda adalah seorang desain grafis profesional, tentu mempunyai banyak pilihan hasil gambar yang dapat dipamerkan kepada klien.

Tampilan gambar yang menarik untuk portofolio online Anda bisa dapatkan dari berbagai website stock images gratisan, seperti Unsplash, Pixabay, atau Reshot. Namun dalam pemilihan gambar sebaiknya memilih gambar yang mewakili proyek Anda dengan kualitas tinggi.

6. CTA

Salah satu trik yang wajib dilakukan dalam pembuatan portofolio online adalah jangan melupakan untuk meletakkan tombol Call to Action (CTA) yang berfungsi untuk mengarahkan para pengunjung website untuk melakukan sesuatu. Pada umumnya CTA digunakan untuk mengarahkan klien untuk menghubungi Anda melalui halaman hubungi saya.

Baca Juga: 4 Langkah dan Tips untuk Menjadi Programer Dasar

Tombol CTA dapat diletakkan di akhir halaman yang Anda anggap penting, seperti di halaman homepage, halaman tentang kami, atau dapat juga ditempatkan di halaman yang menampilkan berbagai proyek Anda. Pada umumnya tombol CTA ini diletakkan di bagian akhir halaman.

7. Optimasi Website

Langkah penting dan wajib untuk Anda lakukan dalam pembuatan website online adalah dengan melakukan optimasi website secara berkala agar website tidak lambat. Sebab jika hal ini sampai terjadi, maka bukan tidak mungkin klien akan pergi dan beralih ke kompetitor yang websitenya dapat dibuka dengan lebih cepat.

Karena hal itulah, sangat penting untuk terus melakukan optimasi website agar klien tidak beralih dan pergi bahkan menjadi klien setia Anda. Untuk melakukan optimasi website ini, Anda dapat meminta bantuan dari perusahaan web developer yang ada di WDI.

Website Pembuatan Portofolio Online

Saat ini terdapat beberapa situs website yang dapat membantu Anda dalam membuat portofolio online secara gratis, antara lain yaitu:

Clippings.me

Merupakan salah satu situs website yang diperuntukkan bagi para penulis, bloggers, atau jurnalis untuk mempublikasikan seluruh karya mereka secara online. Salah satu keuntungan dari situs website ini adalah Anda dapat mendesain sendiri tampilan layout portofolio Anda. Selain itu, Anda juga dapat menempelkan alamat URL artikel yang telah dipublikasikan ke dalam portofoliomu.

WordPress Portofolio

Merupakan salah satu situs platform untuk pembuatan portofolio online Anda sendiri. Situs ini terbilang cukup mudah digunakan, bahkan oleh para pengguna pemula yang sama sekali belum pernah memiliki website.

Caranya terbilang mudah, Anda hanya perlu memberikan nama domain yang berhubungan dengan portofolio Anda agar perusahaan atau klien dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Selain itu, Anda juga dapat memilih temanya sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Deviantart

Jika Anda berprofesi sebagai artis, desainer, fotografer, atau desain grafis, maka situs website Deviantart dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Hal ini karena situs website ini memang diperuntukkan bagi para seniman yang ingin menampilkan berbagai karyanya ke publik.

Baca Juga: Macam-macam Web Server Localhost yang Dapat Anda Gunakan

Pengguna situs website ini bukan hanya dari Indonesia saja, namun telah merambah ke seluruh dunia sehingga memberikan keuntungan yang besar bagi Anda karena seluruh dunia dapat melihat portofolio Anda secara cepat.

Pinterest

Pinterest merupakan salah satu situs website yang telah lama dikenal sebagai situs untuk memamerkan berbagai hasil karya seseorang, terutama fotografer ataupun desain grafis. Melalui situs ini, Anda dapat mengunggah berbagai foto atau gambar yang menarik, seperti makanan, wallpaper, dan berbagai gambar lainnya.

The Best Design

Merupakan salah satu website untuk memamerkan portofolio Anda kepada klien, terutama yang berkaitan dengan desain. Jika Anda merupakan seorang desain grafis profesional, maka website ini sangat cocok bagi Anda karena menampilkan hasil karya desainer-desainer profesional dari seluruh dunia.

Itulah beberapa cara membuat portofolio online yang dapat dilakukan dengan mudah sehingga membuat klein Anda tertarik dan akhirnya memilih Anda untuk menyelesaikan seluruh proyek mereka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

3 thoughts on “Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik Bagi Klien

  1. Pingback: f12 bet

Comments are closed.

Berita / Artikel lainnya