Kelebihan Responsive Web Design

Design dengan tampilan yang responsive menjadi tren website saat ini. Seperti yang Anda ketahui, saat ini jumlah pengguna smartphone sudah semakin banyak. Kegiatan yang dulunya banyak dilakukan melalui komputer saat ini sudah dapat teratasi dengan teknologi yang ada di dalam smartphone. Selain itu, penggunaan ponsel untuk membuka beragam situs webiste juga dinilai lebih praktis.

Responsive web design adalah design website yang tampilan halamannya mampu menyesuaikan dengan perangkat serta resolusi layar yang berbeda-beda. Ukuran serta isi content yang ada pada halaman web juga dapat berubah secara otomatis dan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan yang diperoleh jika menggunakan responsive web design.

  • 1. Direkomendasikan oleh Google

Design web yang responsive sangat direkomendasikan oleh Google karena hanya terdapat satu URL dan HTML yang sama. Dengan demikian, Google akan lebih mudah dalam menjelajah, mengindeks, serta mengatur content. SEO juga dapat bekerja dengan lebih optimal karena pengunjung akan diarahkan ke satu website tanpa harus terpisah antara versi desktop dengan versi mobile.

  • 2. Mengurangi Bounce Rate

Pengunjung tidak akan kesulitan dalam membaca isi content website karena tampilan web yang akan menyesuaikan dengan perangkat.  Berbeda dengan webiste non-responsive, pengunjung harus menscroll layar keberbagai arah untuk dapat melihat atau membaca isi content. Hal ini dapat membuat pengunjung merasa jenuh dan pada akhirnya meninggalkan halaman web Anda.

  • 3. Meningkatkan Traffic Website

Dengan design ini, website dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna smartphone ataupun tablet. Karena pengguna smartphone yang semakin banyak, maka semakin banyak pula peluang website Anda untuk dikunjungi. Hal ini tentu akan membawa pengaruh baik untuk traffic website Anda. 

  • 4. Mudah dikelola

Proses upgrade, update content atau perbaikan dapat lebih mudah untuk dilakukan karena berasal dari satu sumber. Berbeda dengan design non-responsive yang mengharuskan Anda bekerja dua kali yaitu versi mobile dan versi desktop yang terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita / Artikel lainnya