Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Memilih Nama Domain

Pemilihan nama domain menjadi salah satu bagian penting ketika Anda membuat sebuah website. Domain merupakan nama unik untuk mengindentifikasi alamat IP yang berupa kombinasi angka yang rumit. Dengan adanya domain, maka Anda beserta pengunjung web akan lebih mudah dalam mengingat alamat web Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pemilihan nama domain juga harus dilakukan dengan tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda dihindari ketika memilih sebuah  domain.

1. Terlalu panjang

Alamat domain yang panjang akan sulit untuk diingat. Nama yang panjang juga mempunyai kemungkinan besar untuk salah ketik sehingga pengunjung tidak bisa masuk ke alamat web yang dimaskud. Untuk pemilihan domain, sebaiknya Anda menggunakan nama yang panjangnya tidak lebih dari 17 karakter.

2. Menggunakan angka dan tanda hubung

Penggunaan angka dan tanda hubung akan membuat domain terlihat rumit. Pengunjung web cenderung lebih mudah untuk mengingat alamat domain yang simple serta mudah untuk dibaca, oleh karena itu sebaiknya Anda menghilangkan tanda hubung dan angka di dalam domain yang akan Anda gunakan.

3. Memilih Ekstensi Domain yang Salah

Ekstensi domain merupakan kata yang terletak paling akhir setelah nama domain, seperti .com, .id, dan lain-lain. Untuk saat ini .com menjadi ekstensi yang paling banyak digunakan, namun Anda dapat menyesuaikan ekstensi sesuai dengan website yang Anda buat. Sebagai contoh jika web yang Anda buat adalah untuk sebuah organisasi maka Anda dapat menggunakan ekstensi .org

4. Tidak relevan dengan isi website

Website yang Anda buat pasti mempunyai target sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan domain dengan keyword yang sesuai serta relevan dengan isi web Anda. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian calon pengunjung web Anda. 

5. Nama yang rancu atau bermakna ganda

Hindari penggunaan nama yang dapat menimbulkan makna yang rancu. Domain yang dipilih akan menjadi identitas web Anda. Tentu Anda tidak ingin domain yang Anda pilih menggandung makna lain yang mungkin saja bermakna negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita / Artikel lainnya