Meningkatkan Leads Dengan Landing Page yang Optimal

Meningkatkan Leads Dengan Landing Page yang Optimal

Salah satu strategi untuk meningkatkan leads penjualan bisnis secara online yaitu dengan mengoptimasi landing page secara tepat. Berikut penjelasan kami berikut ini.

Deskripsi Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman di suatu website yang dibuat dengan desain khusus dan hanya terdapat satu halaman saja

Dengan landing page, orang menjadi lebih mudah memahami produk atau jasa bisnis anda dan membuat kemungkinan transaksi jadi lebih meningkat.

Selain untuk transaksi, landing page dapat digunakan juga untuk mengumpulkan data pengunjung atau leads potensial untuk membeli produk atau jasa bisnis anda. 

Jenis Landing Page

Leads Generation

Leads Generation ini berfungsi untuk mengumpulkan data calon konsumen. Pengunjung diharapkan mendaftar untuk berlangganan newsletter, mau mengisi formulir atau untuk mendapatkan kupon.

Data dari calon konsumen adalah nama disertai alamat email. Data tersebut dapat anda pergunakan untuk memberikan informasi misalnya promo, diskon produk, berita yang ditampilkan di website atau informasi lainnya.

Click Trough

Jenis landing page ini biasanya digunakan oleh marketing E-commerce atau B2C. Click Trough ini berfungsi agar calon konsumen dapat langsung melakukan transaksi pembelanjaan. Landing page ini dibuat agar calon konsumen langsung menekan tombol CTA yang ada kemudian akan membawanya ke halaman website tujuan. 

Baca Juga: Manfaat Landing Page Bagi Sebuah Website Bisnis

Optimasi Landing Page

Setelah mengetahui jenis landing page, anda juga harus mengetahui cara optimasi landing page.

Penawaran Produk

Buatlah penawaran dengan produk atau jasa yang terbatas pada landing page yang anda buat. Dengan menggunakan cara seperti ini, calon konsumen yang datang melihat landing page ini akan segera mengetahui produk atau jasa bisnis anda tanpa melihat produk atau jasa lain sehingga cara ini menjadi lebih efektif dan efisien.

Buat Tagline

Gunakanlah tagline atau slogan yang menarik perhatian calon konsumen bisnis atau jasa anda, sebagai salah cara untuk meningkatkan jumlah leads setiap harinya. Dengan menggunakan tagline, selain meningkatkan prospek, anda juga dapat memikat pasar bisnis atau jasa anda. Sebaiknya tagline yang anda buat berhubungan dengan produk atau jasa bisnis anda.

Pelajari Konsumen Bisnis Anda

Pelajari konsumen dan pasar bisnis anda. Setelah mempelajari ini, ada dapat mencocokkan landing page dengan kebiasaan dan perilaku calon konsumen bisnis anda. Buatlah list demografi mengenai target market bisnis anda. Anda dapat mengumpulkan data dengan lebih rinci tentang perilaku atau kebiasaan konsumen bisnis anda.

Dengan memiliki pengetahuan mengenai kebutuhan konsumen bisnis, anda akan lebih mudah untuk membuat produk atau konten yang tepat sehingga target pasar bisnis anda lebih pas. Gunakan kata atau kalimat yang mudah dimengerti dengan desain landing page yang tepat bagi calon konsumen anda.

Beri Solusi

Secara strategi, pada landing page ini dapat disertakan juga dengan tombol Download atau Formulir yang dapat diisi oleh calon konsumen anda sehingga calon konsumen bisnis atau jasa anda dapat melengkapi pengetahuan mengenai produk atau jasa anda.

Dari data yang ada, sebagian calon konsumen tidak jadi melakukan transaksi pembelanjaan karena tidak mengetahui kelebihan produk atau jasa anda. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan saja landing page yang anda buat mampu mengakomodir semua pertanyaan dari calon konsumen. Informasikan keunggulan produk atau jasa yang anda tawarkan atau penawaran menarik yang membuat calon konsumen anda mau melakukan transaksi pembelanjaan.

Kenali Pesaing

Untuk meningkatkan leads, anda bisa belajar dari kompetitor anda. Pelajari dengan teliti ketika kompetitor anda melakukan promosi atau campaign landing page websitenya. Coba anda ikuti dengan menata ulang strategi baru sehingga anda dapat menerapkan cara yang lebih baik dan unik.

Buat Tombol Call To Action (CTA)

Tombol Call to Action atau CTA sebaiknya anda buat di landing page dengan lebih menonjol atau terlihat. Tambahkan juga dengan kata yang menarik dan sesuaikan desain agar calon konsumen lebih tertarik.

Tujuan adanya tombol CTA ini agar calon konsumen anda segera menekan tombol tersebut dan melakukan transaksi pembelanjaan. Sebaiknya anda hanya menggunakan satu tombol saja agar calon konsumen anda tidak kebingungan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Landing Page Untuk Mendapatkan Banyak Conversion

Tombol Share

Sebaiknya lengkapi juga landing page dengan tombol share yang dikoneksikan dengan akun media sosial. Karena dengan sosial media sebagai alat untuk berpromosi cenderung lebih baik dan memudahkan and untuk meraih calon konsumen. 

Dengan adanya tomol share ini maka calon konsumen anda dapat membagikannya dengan orang lain di akun media sosial miliknya. 

Cara ini dapat meningkatkan jumlah leads ke landing page yang anda buat. 

Pasang Testimoni

Sebaiknya sertakan juga bukti testimoni dari konsumen sebelumnya jika ada untuk mengoptimasi landing page anda lebih lanjut. Anda bisa menyertakan data jumlah pembelian, jumlah customer yang pernah melakukan transaksi pembelanjaan.

Jumlah Landing Page

Buat dan tambahkan jumlah halaman landing page pada website Anda. Semakin banyak landing page maka kesempatan untuk mendapatkan leads akan lebih meningkat lagi. Buatlah landing page dengan beraneka ragam sesuai variasi produk agar lebih menarik calon konsumen anda.

Selain jumlah landing page, sebaiknya anda memperhatikan juga detailnya, seperti bagian headline, gambar, panjang halaman, konten dan lainnya. 

Bekerjasama Dengan Brand Lain

Buatlah landing page dengan memanfaatkan brand lain. Dengan cara ini membuat calon pelanggan lebih tertarik dan juga membangun kepercayaan.

Membangun Kepercayaan

Landing page yang anda buat memiliki peran sebagai halaman pertama sehingga akan membawa calon konsume ke website produk atau jasa anda. 

Oleh karena itu, landing page harus anda buat sebagus mungkin sehingga menumbukan rasa kepercayaan. 

Sehingga meningkatkan konversi transaksi pembelanjaan di website anda. 

Itulah beberapa informasi mengenai Leads Meningkat Dengan Landing Page yang Optimal

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat landing page dan optimasi website, Anda dapat menggunakan perusahaan jasa layanan Digital Marketing yang terdapat di WDI. Kunjungi website WDI sekarang untuk mencari perusahaan yang cocok untuk bisnis Anda.

Web Developer Indonesia menyediakan daftar perusahaan developer di Indonesia dengan beberapa kategori layanan, seperti web design, web development, mobile app developement, dan lain-lain. WDI juga menyediakan daftar lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. Anda dapat mengunjungi halaman karir WDI untuk mengetahui posisi apa saja yang sedang dibutuhkan.

One thought on “Meningkatkan Leads Dengan Landing Page yang Optimal

Comments are closed.

Berita / Artikel lainnya