Mengenal Codeigniter Framework Beserta Keunggulannya

Codeigniter Framework menjadi salah satu framework PHP yang banyak digunakan oleh para developer. Framework berfungsi seperti kerangka kerja yang di dalamnya berisikan perintah atau fungsi dasar yang pada umumnya digunakan untuk mengembangkan sebuah web atau aplikasi. Dengan menggunakan framework, maka proses pengembangan yang dilakukan oleh developer menjadi lebih cepat karena developer tidak perlu membuat semua kode dari awal. Saat ini terdapat banyak framework PHP yang dapat memudahkan developer, salah satunya adalah Codeigniter Framework.

Baca Juga: 5 PHP Framework Populer yang Sering Digunakan

Apa itu Codeigniter Framework ?

Codeigniter Framework adalah framework PHP yang berbasis web dengan metode MVC ( Model, View, Controller) serta bersifat open source. MVC merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam proses pembuatan aplikasi web. Metode pengembangan MVC memisahkan data ( Model ) dan tampilan ( View) dengan pengendali utama (controller) . Masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Komponen Model pada MVC merupakan bagian struktur data yang pada umumnya berisi fungsi-fungsi yang dapat membantu tugas developer dalam mengelola data seperti menambah, menghapus , atau memperbarui data. Sedangkan view adalah komponenn yang bertugas untuk mengatur tampilan situs. Komponen ketiga yaitu Controller adalah bagian yang berfunngsi untuk mengintegrasikan komponen model dan juga view. Controller akan menerima request dan data dari user kemudian menentukkan apa yang akan diproses aplikasi.

Keunggulan Codeigniter Framework

Performa cepat

Kelebihan yang paling menonjol dibandingkan dengan framework yang lain adalah waktu eksekusi yang cepat.  Hal ini  salah satu alasan utama banyak developer yang memilih menggunakan Codeigniter.

Konfigurasi yang minim

Codeigniter juga memiliki konfigurasi yang mudah dan simple. Untuk menggunakan Codeigniter dengan setting yang standar, Anda hanya perlu melakukan sedikit perubahan pada file di folder config. 

Dokumentasi lengkap

Anda akan mendapat dokumentasi beserta contoh implementasi kodenya. Ketika Anda mendownloadnya, Codeigniter sudah disertai dengan user guide yang berisi dokumentasi lengkap.

Mudah dipelajari pemula

Jika Anda adalah seorang pemula, maka Codeigniter bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda gunakan. Codeigniter termasuk framework yang mudah untuk dipelajari serta mudah untuk dikembangkan. 

Baca Juga: 7 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Indonesia yang Bisa Anda Pelajari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita / Artikel lainnya