7 Tips Strategi Marketing yang Efektif Saat Pandemi

7 Tips Strategi Marketing yang Efektif Saat Pandemi

Hingga kini, pandemi Covid-19 belum juga menunjukkan tanda-tanda hilang dari muka bumi. Bahkan di beberapa negara, serangan Covid-19 semakin meluas dan menyebar termasuk di Indonesia yang menyebabkan ekonomi seluruh masyarakat melemah. Jika dibiarkan akan membuat bisnis Anda terancam gulung tikar. Karena itu, dibutuhkan strategi marketing khusus di masa pandemi saat ini.

Mengingat saat pandemi aktivitas seperti berkerumun dan bertemu orang lain dilarang karena dapat mempercepat penyebaran virus Covid-19, maka langkah yang Anda butuhkan untuk melakukan promosi produk atau jasa Anda adalah dengan menggunakan strategi marketing melalui berbagai media online, seperti sosial media, website, dan lain-lain.

Namun, dalam melakukan pemasaran secara online tidaklah semudah seperti melakukan pemasaran di dunia nyata. Dibutuhkan strategi khusus agar mampu bersaing dengan para kompetitor dan mendapatkan konsumen atau klien yang sesuai dengan target pasar.

Strategi Marketing Saat Pandemi Covid-19

Sebelum Anda mengetahui strategi marketing seperti apa yang tepat digunakan saat pandemi Covid-19, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu strategi marketing dan apa saja manfaatnya bagi bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Cara Optimasi SEO Youtube Untuk Tingkatkan Views Video Anda

Strategi marketing merupakan sebuah proses usaha untuk membuat sebuah bisnis atau usaha berkembang dan dapat menjangkau target pelanggan mereka serta mengubahnya menjadi customer tetap bagi produk bisnis Anda.

Strategi Marketing vs Marketing Plan

Dalam marketing online, Anda akan menemukan istilah marketing plan. Namun yang perlu Anda pahami adalah marketing plan berbeda dengan strategi marketing. 

Marketing plan merupakan sebuah rencana yang nantinya akan diterapkan dari strategi marketing yang telah dibuat. Pada marketing plan, hal yang ditampilkan berupa timeline yang meliputi jadwal inisiatif pemasaran yang akan dilakukan hingga dokumen aktivitas pemasaran yang diterangkan secara lebih detail.

Sedangkan strategi marketing merupakan perencanaan yang dibuat untuk sebuah produk atau layanan dan sifatnya jangka panjang atau dengan kata lain strategi marketing merupakan gambaran besar dari tujuan produk atau layanan tersebut.

Tips Strategi Marketing Saat Pandemi

Terdapat beberapa tips strategi marketing saat pandemi Covid-19 untuk membuat bisnis atau usaha Anda tetap bertahan. Beberapa tips strategi marketing yang dapat dilakukan, antara lain yaitu:

1. Memanfaatkan Media Sosial untuk Berinteraksi dengan Pelanggan

Saat pandemi Covid-19, tentu kebanyakan orang akan berpikir dua kali untuk keluar rumah dan memilih untuk tetap dirumah saja. Kondisi ini tentunya menjadi potensi yang bagus untuk dimanfaatkan untuk bisnis atau usaha Anda dengan cara tetap terhubung dengan para pelanggan Anda melalui sosial media tanpa perlu keluar rumah.

Saat ini, sosial media banyak dimanfaatkan oleh masyarakat bukan hanya untuk mencari hiburan saja, namun juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lain, seperti mencari pengetahuan terbaru hingga berbelanja.

Karena itu, sebagai seorang pebisnis sangat penting untuk memanfaatkan hal sekecil apapun untuk dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan bisnis Anda termasuk dengan memanfaatkan media sosial untuk membangun brand Anda dalam melakukan promosi terhadap produk atau layanan Anda.

Melalui media sosial, Anda dapat membagikan berbagai konten menarik kepada pelanggan Anda. Mulai dari teks, foto, gambar, hingga video dapat Anda bagikan kepada followers Anda dengan menyisipkan produk atau layanan Anda ke dalam postingan pada akun media sosial Anda.

2. Memastikan Bisnis Anda Mudah Ditemukan oleh Mesin Pencari

Dengan maraknya gerakan physical distancing hingga hashtag dirumah saja selama masa pandemi Covid-19, tentu membuat banyak orang lebih memilih untuk berselancar di dunia maya, mulai dari mencari informasi hingga belanja online. Karena itu, sangat disarankan agar bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan baik di media sosial maupun mesin pencari.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Jumlah CTR dan Cara Menghitungnya

3. Lakukan Analisis Competitor

Analisis kompetitor sangat penting untuk dilakukan agar dapat bersaing dengan para kompetitor. Analisis kompetitor dibuat dengan tujuan agar strategi marketing Anda dapat lebih unggul dibandingkan dengan para pesaing, mulai dari campaign, sosial media, hingga pencarian organik (SEO).

Agar dapat lebih unggul dibandingkan para kompetitor yang lain, Anda juga dapat menggabungkan strategi digital marketing Anda dengan strategi secara konvensional atau offline dengan tujuan agar bisnis atau layanan Anda dapat mudah dikenal dan diingat oleh target audiens Anda.

4. Lakukan Penawaran Khusus atau Promo

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, dimana kondisi ekonomi masyarakat sedang mengalami masa sulit. Maka, sangat disarankan untuk memberikan penawaran khusus atau diskon untuk bisnis dan usaha Anda. Penawaran khusus ini bertujuan agar menstabilkan kurva bisnis Anda sehingga tetap mendapatkan pemasukan.

Namun sebelum itu, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan produk atau layanan apa yang sedang diminati oleh masyarakat dan dapat dibuat penawaran khusus. Setelah itu, sampaikan informasinya melalui media sosial bisnis Anda atau melalui website bisnis Anda agar pelanggan Anda dapat mengetahuinya dengan mudah.

5. Melakukan Optimasi Website

Tips membuat strategi marketing saat pandemi yang baik dan efektif selanjutnya adalah dengan melakukan optimasi website atau yang lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Melalui optimasi website yang tepat dan relevan akan membuat Anda website Anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna hanya dengan mengetikkan keyword atau kata kunci di mesin pencari.

Sangat direkomendasikan untuk mengoptimasi website menggunakan metode SEO yang telah ditentukan oleh mesin pencari atau sering disebut dengan white hat SEO agar jika sewaktu-waktu terjadi perubahan algoritma mesin pencari, kata kunci yang telah ditargetkan tidak menurun dari posisi terbaik mereka sebelumnya, bahkan cenderung meningkat jika target keyword yang ditentukan relevan dan sesuai dengan konten.

6. Manfaatkan Forum atau Komunitas

Agar bisnis Anda semakin meningkat dan berkembang di masa pandemi, maka Anda dapat memanfaatkan layanan forum atau komunitas yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sangat disarankan untuk memanfaatkan fitur tool signature yang berfungsi untuk memberikan eksternal link ke website bisnis Anda. Namun sebelum memulainya, sangat disarankan untuk melakukan riset terhadap forum atau komunitas tersebut karena tidak semuanya memberikan keleluasaan akan hal ini.

Baca Juga: Kembangkan Karir Anda Dengan Sertifikasi Digital Marketing Ini

Selain itu dengan adanya forum tersebut, Anda dapat memanfaatkan foto akun Anda dengan gambar produk atau layanan Anda dengan sedikit memberikan deskripsi singkat dan eksternal link yang menuju ke website bisnis Anda agar meningkatkan kunjungan user melalui referral channel.

7. Melakukan Email Marketing

Agar terhubung secara personal kepada para pelanggan, maka langkah yang paling tepat untuk diambil adalah dengan melakukan email marketing. Namun agar dapat membangun list yang potensial dan royal, Anda perlu melakukan rancangan terlebih dahulu agar mampu mendatangkan banyak lead sehingga membuat banyak orang yang mendaftar.

Etika sangat penting perannya agar strategi email marketing yang Anda terapkan bisa berhasil. Karena itu, sangat disarankan agar Anda mengirimkan email penawaran terhadap produk atau jasa layanan Anda ke alamat email yang secara sukarela mendaftarkan dirinya untuk menerima email marketing dari Anda.Itulah beberapa strategi marketing yang bisa Anda terapkan saat pandemi. Anda juga dapat memanfaatkan layanan dari perusahaan digital marketing professional yang terdaftar di WDI untuk membuat strategi marketing yang tepat bagi bisnis atau usaha Anda. Kunjungi website WDI sekarang juga!

One thought on “7 Tips Strategi Marketing yang Efektif Saat Pandemi

Comments are closed.

Berita / Artikel lainnya