Teknik Pengambilan Gambar Dalam Dunia Fotografi

Teknik Pengambilan Gambar Dalam Dunia Fotografi

Teknik pengambilan gambar adalah teknik yang digunakan agar luas area pada frame gambar atau foto dapat tercover dengan baik oleh kamera dan membuat tampilan objek lebih fokus dan tajam.

Dalam dunia fotografi, terdapat beberapa macam teknik pengambilan gambar yang biasanya digunakan oleh seorang fotografer dalam mengambil objek fotonya. Teknik yang digunakan antara lain yang berdasarkan jarak (shot camera) atau berdasarkan sudut pandang (angle).

Kedua teknik ini sering digunakan baik dalam berbagai pengambilan objek, mulai dari pemandangan, objek yang bergerak, perorangan, maupun kelompok. Jika Anda merupakan seorang fotografer pemula yang baru menekuni dunia fotografi, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu teknik pengambilan gambar berikut ini.

Teknik Pengambilan Gambar Berdasarkan Shot Kamera

Teknik ini merupakan sebuah teknik yang digunakan dengan berdasarkan jarak dari suatu objek foto dari kamera yang digunakan oleh fotografer. Sedangkan shot merupakan istilah yang digunakan dalam menyajikan beberapa detail dari objek kamera atau potret pemandangan.

Beberapa teknik pengambilan gambar dengan metode shot kamera, antara lain yaitu:

Baca Juga: Memahami Aperture Dalam Fotografi serta Ukuran Aperture
  • Extreme Long Shot

Merupakan suatu teknik pengambilan gambar yang menampilkan area secara lebih luas atau bahkan sangat luas yang berada di sekitar objek. Teknik ini digunakan untuk menyampaikan pesan melalui area yang ada di sekitar objek foto. Karena itu, dibutuhkan keahlian detail yang khusus agar dapat menentukan komposisi yang tepat sehingga objek gambar dapat menyatu dengan area sekitarnya secara sempurna.

  • Long Shot

Teknik long shot merupakan sebuah teknik pengambilan gambar menggunakan area sekitar dengan cara memperlihatkan keseluruhan objek tanpa terpotong oleh frame sehingga seluruh ekspresi serta kegiatan objek dapat terlihat dengan jelas.

Teknik ini berfungsi untuk menampilkan pesan interaksi antara area yang ada di sekitar objek dengan objek yang ada. Biasanya teknik ini dilakukan dengan cara membuat area sekitar objek menjadi lebih sempit sehingga membuat tampilan objek seakan-akan lebih besar dibandingkan lingkungan sekitarnya.

  • Medium Shot

Teknik Medium Shot merupakan sebuah teknik fotografi dimana pengambilan gambarnya mulai dari sekitaran pinggang hingga ke kepala. Teknik jenis ini biasanya digunakan untuk menampilkan sebuah bahasa tubuh serta ekspresi dari subjek foto tersebut. Cara untuk mengambil medium shot adalah dengan melakukan bidikan kamera dari jarak menengah dengan cara mengambil sedikit area sekitar objek.

  • Medium Long Shot

Teknik Medium Long Shot ini sekilas mirip seperti dengan teknik long shot, hanya saja ruang yang diambil lebih sempit daripada teknik long shot. Dalam pengambilan gambar menggunakan teknik ini, objek yang diambil mulai dari bagian atas kepala hingga lutut. Teknik medium long shot digunakan dengan tujuan untuk menyampaikan interaksi yang dilakukan objek saat sedang beraktivitas.

  • Close Up

Merupakan sebuah teknik pengambilan gambar yang cukup umum dilakukan oleh para fotografer profesional dalam menampilkan ekspresi wajah seseorang atau saat ingin menampilkan identifikasi karakter dari objek tersebut. Cara pengambilan gambar dengan teknik ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mendekatkan kamera ke arah objek mulai dari bagian atas kepala hingga di atas bahu.

Baca Juga: Tips Mobile Photography untuk Menghasilkan Foto Berkualitas
  • Medium Close Up

Teknik fotografi lainnya adalah teknik medium close up yang merupakan sebuah teknik dalam mengambil sebuah gambar profil sehingga tampilannya menjadi semakin tegas. Biasanya teknik ini dilakukan dengan cara memotret bagian atas kepala suatu objek hingga bagian dada. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menempatkan kamera di bagian tengah objek agar dapat mencakup area yang lebih sempit.

  • Big Close Up

Merupakan sebuah teknik dalam proses pengambilan gambar yang dimulai dari leher hingga ke atas kepala. Teknik ini bertujuan untuk memperlihatkan detail ekspresi serta mimik wajah seseorang dengan cara membiarkan bagian wajah sedikit terpotong oleh frame. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membidik kamera dalam jarak yang cukup dekat dengan objek foto untuk lebih memperlihatkan kerutan wajah secara lebih mendetail lagi.

  • Extreme Close Up

Teknik selanjutnya adalah Extreme Close up, dimana seorang fotografer hanya perlu mengambil gambar secara lebih fokus ke satu bagian tertentu sehingga objek yang ditampilkan menjadi lebih detail. Cara pengambilan gambarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan sudut kamera yang diletakkan dalam jarak yang sangat dengan objek gambar. Sedangkan cakupan areanya sendiri lebih berfokus pada beberapa komponen yang terdapat pada objek gambar, seperti mata, bibir, hidung, atau alis.

Untuk menggunakan teknik ini, sangat disarankan untuk menggunakan jenis lensa makro agar detail tampilan objek foto lebih jelas dan sempurna.

Teknik Pengambilan Gambar Berdasarkan Angle Kamera

Teknik ini adalah sebuah teknik dalam mengambil gambar dengan memanfaatkan sudut pandang kamera. Dalam dunia fotografi, teknik ini pada umumnya disebut dengan angle camera. Dengan menggunakan teknik ini, akan tercipta sebuah foto atau gambar dengan tampilan yang lebih menarik karena menggunakan sudut pandang kamera dalam menilainya.

Beberapa teknik angle kamera yang sering digunakan, antara lain yaitu:

  • Low Angle

Teknik Low Angle merupakan salah satu teknik pengambilan gambar dengan cara memotret objek dari posisi yang lebih rendah dengan tujuan untuk memberikan kesan gagah, kuat, dominan, elegan dan mewah pada objek tersebut.

Teknik ini dilakukan dengan cara memposisikan kamera lebih dekat dengan tanah sehingga tidak jarang mengharuskan fotografer untuk memposisikan dirinya dengan cara berjongkok hingga berselonjor agar dapat menghasilkan gambar dengan teknik low angle yang sempurna.

  • High Angle

Merupakan sebuah teknik dalam mengambil gambar yang memperlihatkan seakan-akan objek foto nampak lebih kecil dan lemah. Cara pengambilan gambar menggunakan teknik ini adalah dengan memposisikan kamera lebih tinggi dari objek dan berada pada posisi menunduk atau lebih dikenal dengan sebutan tilt down. Teknik ini mempunyai point of view yang jauh lebih sempit daripada teknik Bird’s Eye Angel.

Baca Juga: Tips Memilih Lensa Tele Bagi Fotografer Pemula
  • Bird Eye Angle

Teknik ini merupakan teknik yang cukup sulit untuk dilakukan, karena membutuhkan alat pendukung agar dapat mengambil gambar tepat diatas objek layaknya penglihatan seekor burung. Teknik Bird Eye Angle pada umumnya digunakan untuk menggambarkan keadaan suatu kota dengan menggunakan drone atau bantuan helikopter.

Bird Eye Angle mempunyai jangkauan area yang lebih luas dan lebih kompleks sehingga gambar yang dihasilkan benar-benar menunjukkan tampilan yang mendetail dari pemandangan yang dilihat melalui udara layaknya seekor burung.

  • Eye Level Angle

Teknik eye level angle merupakan salah satu teknik dalam pengambilan gambar yang prosesnya cukup mudah untuk didapatkan karena Anda hanya perlu menempatkan sudut pandang kamera sejajar dengan tinggi objek gambar layaknya mata memandang. Teknik jenis ini dapat digunakan hanya menggunakan kamera hp saja.

  • Frog Eye View

Teknik jenis ini adalah sebuah teknik yang mengharuskan fotografer untuk menempatkan kamera tepat di atas tanah sehingga tampilan yang didapatkan layaknya seekor katak dalam memandang sebuah objek sehingga kesan yang didapatkan adalah objek seakan-akan lebih besar daripada lingkungan yang ada di sekitarnya.

Itulah beberapa teknik pengambilan gambar yang sering dilakukan oleh seorang fotografer dalam mengambil sebuah objek gambar. Jika Anda kesulitan dalam memotret suatu produk, Anda dapat menggunakan perusahaan jasa fotografi yang profesional di WDI. Kunjungi websitenya dan dapatkan perusahaan yang sesuai dengan budget Anda.

6 thoughts on “Teknik Pengambilan Gambar Dalam Dunia Fotografi

  1. Pingback: link dultogel
  2. Pingback: cat888

Comments are closed.

Berita / Artikel lainnya