3 Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari Ketika Membuat Desain Web

Desain web menjadi hal yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika membuka sebuah halaman website. Jika desain yang Anda buat terlihat rapi, menarik, serta mudah untuk dioperasikan maka website dapat memberikan kesan pertama yang positif. 

Pada umumnya, pengunjung membuka sebuah halaman website karena ingin mengetahui sebuah informasi. Dengan susunan desain web yang rapi maka pengunjung dapat terbantu untuk menemukan informasi atau melihat konten yang sedang dicari. Tidak menutup kemungkinan pengunjung membuka halaman-halaman lain karena desain yang menarik. Oleh karena itu, desain web menjadi salah satu bagian yang perlu diperhatikan ketika proses pembuatan website. Untuk menciptakan desain web yang baik, berikut ini 3 kesalahan umum yang perlu Anda hindari ketika membuat desain web.

1. Navigasi yang rumit

Sebaiknya Anda menggunakan struktur navigasi yang sederhana serta mudah untuk digunakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pengunjung web Anda. Navigasi yang sederhana juga dapat membuat konten menjadi terlihat dengan jelas sehingga mudah ditemukan oleh pengunjug web Anda. 

2. Call to Action yang tidak jelas

Call to Action atau CTA dibuat sebagai instruksi agar pengunjung halaman web melakukan aktivitas atau memberikan sebuah respon. Pengunjung bisa melewatkan tombol Call to Action jika tombol yang Anda buat tidak terlihat dengan jelas. Dengan demikian, pesan yang ingin Anda sampaikan tidak dapat diterima oleh pengunjung web. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan desain tombol  serta isi teks Call to Action. Hal ini bertujuan agar tombol mudah ditemukan serta dapat mempengaruhi pengunjung web untuk membuka tombol tersebut.

3. Pemilihan font dan warna yang kurang sesuai

Pengunjung web tidak seharusnya merasa kesulitan dalam membaca konten hanya karena pemilihan warna dan jenis font yang kurang sesuai. Namun beberapa desain web masih ada yang menggunakan pemilihan jenis font, ukuran, serta warna yang terlihat rumit . Agar pengunjung web dapat merasa lebih nyaman ketika membaca konten website yang sudah Anda sediakan, sebaiknya Anda menggunakan jenis huruf yang mudah untuk dibaca. Selain itu, gunakan warna yang sesuai dengan tampilan website secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Elemen Penting dalam Web Design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca