3 Langkah yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mengembangkan Mobile App

Persiapan proses mobile app development tidak cukup hanya dengan ide yang unik saja. Saat ini persaingan mobile app sudah semakin kompetitif sehingga dibutuhkan beberapa persiapan yang matang agar aplikasi bisa diminati oleh banyak orang. Tanpa persiapan, proses development bisa menimbulkan kerugian baik secara materi atau pun waktu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah berikut agar proses development dapat menghasilkan aplikasi yang memuaskan.

1. Riset pasar Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar secara menyeluruh. Anda harus mengetahui apa yang diminta oleh pasar dan memberikan solusi melalui aplikasi yang Anda buat. Dengan riset secara mendalam, Anda juga akan mendapatkan informasi penting lainnya, yaitu :

– Siapa saja pesaing Anda ?

– Apa strategi pesaing Anda ?

– Apa kekuatan dan kelemahan mereka ?

– Apa nilai jual unik dari aplikasi yang dibuat oleh pesaing Anda?

– dan lain-lain

Ketika Anda mendapatkan semua informasi di atas, maka Anda dapat menghindari kesalahan yang dilakukan oleh pesaing. Dengan demikian Anda bisa menentukan strategi apa yang paling pas untuk lebih menonjol di antara jutaan aplikasi yang ada saat ini.


2. Menentukan target audience

Setelah Anda melakukan riset, tahap selanjutnya adalah menentukan terget audience aplikasi Anda. Untuk memudahkan langkah ini, Anda bisa melihat lebih dalam mengenai aplikasi yang ingin Anda kembangkan, seperti  fungsionalitas utama aplikasi, siapa saja audience yang mendapatkan manfaat dari aplikasi ini, alasan audience harus menggunakan aplikasi Anda, dan lain-lain.

3. Jenis aplikasi yang ingin dibuat

Anda harus menentukan jenis aplikasi yang ingin Anda kembangkan. Apakah Anda ingin membuat aplikasi native, hybrid atau web app ? Keputusan teknis ini juga harus Anda tentukan di awal karena akan mempengaruhi proses developement serta maintenance untuk ke depan. Selain itu, Anda juga harus menentukan bagaimana audience dapat menggunakan aplikasi Anda. Apakah aplikasi dapat digunakan secara gratis, atau audience harus membayar dan berlangganan aplikasi Anda ?

Baca Juga: Tips Memilih Perusahaan Pengembang Aplikasi Mobile yang Tepat

Layanan WDI

Jika saat ini Anda sedang mencari Mobile App developer, Anda dapat melihat Daftar Perusahaan Developer yang telah kami sediakan. WDI juga memiliki daftar konsultan IT dengan beragam layanan yang telah kami kategorikan seperti web development, web design, SEO optimizer, dan lain-lain. Silahkan kunjungi halaman Web Developer Indonesia untuk mencari perusahaan yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Software & Hardware

Mengetahui Apa Pengertian dan Fungsi Content Pruning

Baca