3 Tips Sederhana untuk Membuat UX Design yang Baik

User Experience design atau UX design merupakan suatu proses yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. UX design dapat meningkatkan nilai kegunaan suatu produk sehingga mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika pengguna berinteraksi dengan produk tersebut. Secara lebih sederhana, UX design dapat membuat website atau aplikasi menjadi mudah digunakan, tidak membingungkan, serta nyaman untuk dioperasikan. 

Perlu Anda perhatikan, UX Design berbeda dengan UI design. UI design lebih berfokus pada apa yang pengguna lihat, sedang UX design lebih memperhatikan pada apa yang pengguna rasakan. Untuk membuat UX design yang baik, maka terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Berpikir seperti pengguna

Pengguna atau users mengunjungi website Anda tentu dengan suatu tujuan, seperti berbelanja, mencari informasi, menonton video atau yang lain. Sebagai seorang UX designer, Anda harus memastikan design yang Anda buat dapat memudahkan pelanggan untuk mencapai tujuan tersebut. Anda harus berpikir seperti pengguna dan memperkirakan tindakan apa saja yang akan mereka lakukan di dalam website.

Sebagai contoh, jika pengguna datang dengan tujuan berbelanja, maka tindakan yang akan mereka lakukan adalah :

  • User masuk ke homepage
  • User melihat barang yang tersedia
  • User klik menggunakan fitur search atau klik kategori produk untuk menemukan barang yang diinginkan
  • User memasukan barang ke keranjang
  • User melakukan proses checkout

Pastikan design yang Anda buat dapat memberi kemudahan bagi pengguna ketika mereka melakukan step-step berbelanja di atas.

Baca Juga: 6 Situs Terbaik Untuk Cari Inspirasi Desain UI/UX

2. Perhatikan feel yang ditimbulkan

Langkah selanjutnya adalah membuat website atau aplikasi dapat terasa nyaman ketika digunakan. Pastikan user dapat menyelesaikan tujuan utama mereka dengan cepat dan mudah. Anda juga bisa membuat design dengan kombinasi bentuk, warna, atau suara untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika mengoperasikan aplikasi Anda.

3. Buat design secara konsisten

Mengembangkan website yang konsisten berarti Anda harus menyesuaikan antara satu komponen dengan komponen yang lain agar terlihat terstruktur bagi pengunjung website. Dengan design yang konsisten, pengguna juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari fitur-fitur di dalam website.

Baca Juga: Keuntungan yang Anda Dapat dari User Experience Design

Layanan WDI

WDI atau Web Developer Indonesia menyediakan info lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. Saat ini kami memliki daftar lowongan untuk UI/UX designer di beberapa perusahan. Silakan klik daftar lowongan kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Software & Hardware

Mengetahui Apa Pengertian dan Fungsi Content Pruning

Baca