3 Tools SEO yang Banyak Digunakan Para Ahli SEO

Tools SEO merupakan program berbasis web atau desktop yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan situs website di mesin pencarian. Dengan tools ini strategi SEO Anda dapat menjadi semakin kuat sehingga akan berpengaruh pada peringkat website.

Tools SEO tersedia untuk beberapa fungsi. Beberapa tools SEO digunakan untuk menganalisis kata kunci, melacak peringkat website, membuat strategi konten, link building, dan lain-lain. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan peringkat website Anda, berikut beberapa tools SEO populer yang dapat kami rekomendasikan.

Baca Juga: 6 Kriteria backlink yang Berkualitas dalam Optimasi SEO

1. SEMrush

SEMrush menjadi salah satu tools SEO yang paling populer dan banyak digunakan oleh para digital marketer. Alat SEO ini menawarkan bantuan terbaik untuk optimasi SEO, PPC, ad campaigns, backlinks, keyword research, SERP, dan lain-lain. Beberapa fitur utama yang ditawarkan seperti:

        Organic Research : fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat kata kunci teratas yang digunakan oleh pesaing mereka.

        Advertising Research : fitur yang dapat membantu Anda untuk menjalankan kampanye iklan yang lebih baik dengan menganalisis anggaran iklan dari para pesaing.

        Traffic Analytics : SEMrush secara akurat dapat menginformasikan online performance dan traffic dari suatu website.

2. Ahrefs

Tools SEO lain yang banyak digunakan adalah Ahfres. Ahfres juga menyediakan beragam fungsi dalamnya. Beberapa fitur utama yang disediakan seperti:

        Site explorer : dengan Site Explorer, Anda dapat memasukkan URL pesaing, dan mendapatkan profil lengkap dari pesaing Anda. Data yang di dapat peringkat website, kata kunci, dan backlink. 

         Keyword explorer : dapat digunakan untuk membantu riset keyword. Hasil riset yang ditampilkan cukup lengkap, seperti volume, return rate, dan jumlah clicks. 

        Rank tracker :  melalui fitur ini, Anda dapat mengetahui SERP website Anda dari keyword yang sudah Anda targetkan. Dari informasi yang disediakan, Anda dapat mengetahui keyword apa yang paling membawa dampak pada website Anda.  

Baca Juga: Cara Memonitor Performa Situs Website Menggunakan Search Console

3. Serpstat

Tools SEO selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah Serpstat. Alat ini akan membantu Anda untuk melakukan banyak hal, mulai dari optimasi SEO sampai menjalankan iklan pemasaran. Di dalam tool ini, Anda akan menemukan fitur untuk melakukan riset kata kunci, analsis PPC, serta riset kompetitor Anda. Alat ini juga dapat membantu pemilik website untuk melacak backlink dari website pesaing. 

Beberapa fitur utama yang disediakan seperti :

        Website Analysis : fitur ini memiliki dua aspek untuk dianalisis yaitu domain analysis dan URL analysis. Analsis yang disediakan mencakup informasi mengenai teknik SEO dan iklan PPC yang dijalankan.

        Keyword Research : fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan riset keyword. 

        Backlink Analysis : analisis yang digunakan untuk mengumpulkan data backlink secara lengkap selama dua tahun terakhir. Secara waktu bersamaan, fitur ini juga dapat melacak strategi backlink dari website pesaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Apa Fungsi Canonical dalam Proses Optimasi SEO?

Baca
Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca