4 Bahasa Pemrograman Pilihan untuk Belajar Programming

Seiring dengan perkembangan startup, permintaan programmer atau developer menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini berakibat dengan semakin banyak orang yang memutuskan untuk belajar programming.

Jika Anda masih pemula, belajar programming dan membuat barisan kode mungkin akan terlihat sangat sulit. Namun dengan banyaknya komunitas yang siap membantu serta banyaknya informasi yang tersedia di internet, maka belajar programming akan menjadi lebih mudah.  Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan 4 bahasa pemrograman berikut untuk Anda pelajari. 

1. Python

Python dianggap menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Bahasa ini memiliki sintaks yang disederhanakan serta membutuhkan lebih sedikit baris kode untuk dijalankan. Selain itu, Python juga memiliki library luas dengan beragam modul yang siap untuk Anda gunakan. Kode yang digunakan juga mudah untuk dibaca karena mirip dengan Bahasa Inggris. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih fokus untuk mempelajari konsep-konsep pemograman umum dan berlatih menulis kode Anda sendiri.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Python

2. JavaScript

Sebagai salah satu bahasa pemrograman paling populer saat ini, JavaScript banyak direkomendasikan oleh para developer senior untuk Anda pelajari. Bahasa ini banyak digunakan untuk pengembangan front-end, namun saat ini menjadi salah satu bahasa pilihan yang juga digunakan untuk pengembangan back-end. JavaScript terdapat di setiap browser, sehingga Anda dapat berlatih dimana saja. Karena JavaScript berjalan secara native di browser,  Anda juga tidak memerlukan kompiler untuk mempelajarinya. Anda hanya membutuhak aplikasi seperti notepad atau Sublime Text.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Javascript

3. Ruby

Hampir sama dengan Python, Ruby juga menggunakan kode yang sederhana serta mudah untuk dibaca. Bahasa pemrograman ini biasanya fokus pada aplikasi berbasis web. Selain mudah dipelajari, Ruby juga memiliki komunitas besar yang akan membantu jika Anda menemui kesulitan.

4. PHP

PHP termasuk bahasa yang relatif mudah untuk dipelajari. Selain itu, karena bahasa ini termasuk bahasa populer yang digunakan web developer, maka Anda dapat menemukan banyak tutorial PHP dalam bahasa Indonesia. Komunitas PHP pun sangat besar, Anda bisa mendapatkan banyak bantuan dari komunitas ini ketika mendapat kesulitan ketika belajar. PHP juga mudah diinstal dan dikonfigurasi sehingga membuatnya menjadi bahasa yang tepat untuk dipelajari oleh pemula

Layanan WDI

Jika Anda adalah seorang web developer atau programmer, Anda dapat mengunjungi halaman karir kami. WDI menyediakan informasi lowongan kerja web developer sesuai dengan skill di berbagai kota di Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Mengetahui Apa Fungsi Open Graph & Bagaimana Cara Penulisannya

Baca
Software & Hardware

Apa Itu Application Layer ? Apa Saja Fungsinya ?

Baca
Technology Information

Cara Mengatasi Error 404 Not Found yang Terjadi pada WordPress

Baca