4 Point Utama Sebagai Panduan Desain UI yang Lebih Baik

User Interface atau desain UI merupakan bagian visual dari sebuah website. UI berbeda dengan UX, desain UI lebih memfokuskan desainnya pada keindahan tampilan website yang Anda buat. Dengan tampilan website yang baik , pengunjung dapat merasa betah dan berlama-lama menjelajah halaman website Anda.

Jika Anda ingin membuat sebuah desain User Interface yang baik, terdapat beberapa point utama yang harus Anda perhatikan, yaitu :

Desain UI yang konsisten

Membuat user interface yang konsisten berarti Anda harus menggunakan pola desain yang bisa dibilang sama. Konsistensi pada UI juga dapat Anda gunakan dalam pemilihan warna layout, jenis font, atau ukuran font. Desain yang konsisten dapat membantu penggunanya dalam memahami struktur dan pola yang digunakan. Dengan demikian, pengguna akan lebih cepat untuk menemukan informasi atau memenuhi kebutuhan yang mereka cari dari dalam website Anda. Menggunakan tata letak yang sama sekali baru mungkin dapat membuat bingung penggunanya, oleh karena itu sebaiknya Anda mengikuti pola design yang sudah ada atau menggunakan desain secara konsisten.

Baca Juga: Keuntungan yang Anda Dapat dari User Experience Design

Desain harus responsive

Saat ini semua desain dituntut untuk bisa bekerja secara responsive. Dalam user interface, desain harus mudah digunakan serta dapat bekerja dengan cepat. Website dan aplikasi juga harus mempunyai tata letak layout serta gambar yang fleksibel.

Tampilan yang menarik

Desain website harus bisa membuat pengguna merasa nyaman dan menikmati desain yang ada . Oleh karena itu, Anda harus menyediakan desain tampilan yang sederhana serta mudah digunakan. Tipografi yang tampil secara baik secara visual, serta pemilihan warna yang tepat juuga dapat membuat pengguna merasa lebih betah dengan desain Anda.

Desain yang sederhana dan jelas 

Prioritaskan untuk membuat tampilan yang sederhana. Desain juga harus bisa memberikan informasi serta fungsi yang jelas agar pengguna tidak kesulitan ketika menggunakan website Anda. Untuk menjaga agar desain tetap terlihat sederhana maka Anda bisa menambahkan penjelasan, definisi, atau pun contoh secara singkat sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Baca Juga: 4 Cara yang Dapat Anda Lakukan Agar Web Lebih User Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca