4 Skill yang Dibutuhkan Sales Consultant untuk Menghasilkan Penjualan | WDI

4 Skill yang Dibutuhkan Sales Consultant untuk Menghasilkan Penjualan


4 Skill yang Dibutuhkan Sales Consultant untuk Menghasilkan Penjualan

Semua perusahaan membutuhkan sales consultant, tidak terkecuali untuk perusahaan IT. Mereka akan mencari pelanggan potensial untuk menawarkan jasa dan layanan perusahaan sehingga keuntungan yang didapat akan menjadi lebih besar.

Agar penjualan berjalan dengan lancar, seorang sales consultant harus menguasai produk dengan baik. Mereka akan mencari solusi dari permasalahan konsumen dengan produk yang dia tawarkan. Selain mempromosikan produk dan layanan, sales juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dilakukan  agar pelanggan mau menggunakan produk atau layanan dalam jangka waktu yang panjang.

Jika Anda tertarik untuk menjadi IT sales consultant terdapat beberapa skill yang perlu Anda kuasai, yaitu :

1. Product knowledge

Anda akan bertugas sebagai jembatan antara perusahaan dan client, jadi Anda harus mengetahui dengan sangat baik mengenai produk dan layanan Anda. Jika perusahaan Anda bergerak di bidang jasa pembuatan aplikasi atau website maka sebaiknya Anda juga mengetahui pengetahuan dasar mengenai teknologi tersebut. Terkadang client membutuhkkan banyak informasi dan menanyakan berbagai macam hal sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

2. Berkomunikasi

Komunikasi yang dilakukan oleh sales tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan pesan, namun juga mempengaruhi pelanggan atau client agar mau menggunakan produk Anda.

Anda dapat berkomunikasi menggunakan gaya bahasa, nada, dan penyampaian yang sesuai dengan target Anda. Jika mereka senang bercanda maka Anda dapat menyesuaikan diri dengan melakukan hal yang sama.

Keahlian dalam berkomunikasi juga akan sangat Anda perlukan ketika Anda ditugaskan untuk mempresentasikan solusi di depan stakeholders suatu organisasi atau perusahaan yang membutuhkan layanan Anda.

3. Bekerjasama dengan tim

Profesi ini menuntut Anda untuk berhubungan  dengan banyak pihak. Oleh karena itu, Anda harus bisa berkoordinasi dan mengelola tim dengan baik untuk memenuhi permintaan client.

4. Kemampuan analisa dan pemecahan masalah

Agar penawaran yang Anda lakukan dapat menghasilkan penjualan, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menganalisan permasalahan client Anda. Dari permasalahan yang mereka miliki, Anda bisa menawarkan solusi terbaik agar client memutuskan untuk menggunakan produk dan layanan Anda.

 Baca Juga: Keahlian yang Perlu Anda Pelajari untuk Menjadi Project Manager

Layanan WDI

WDI menyediakan daftar perusahaan yang sedang membuka lowongan untuk posisi sales / marketing. Jika Anda memiliki pengalaman dan skill sebagai sales consultant Anda dapat mengunjungi daftar lowongan yang telah kami sediakan. Kami juga menyediakan berbagai info lowongan untuk posisi yang lain. Silakan klik halaman karir kami untuk mendapat informasi lebih lanjut.