4 Strategi Meningkatkan Cyber Security dalam Perusahaan Anda

Cyber security perlu Anda tingkatkan untuk menghindari sejumlah kerugian yang diakibatkan oleh cyber crime. Sejalan dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih menggunakan media digital, maka keamanan sistem menjadi salah satu hal yang harus Anda prioritaskan. 

Perlu Anda ketahui, sejumlah serangan yang pernah terjadi ternyata tidak hanya diakibatkan oleh adanya celah keamanan dalam sistem namun juga karena human error atau kesadaran yang kurang mengenai cyber security yang baik. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan cyber security untuk perusahaan Anda. 

1. Berikan pelatihan kepada karyawan Anda

Karyawan menjadi bagian sensitif di dalam perusahaan Anda. Para hacker biasanya akan  menjadikan karyawan Anda sebagai target serangan. Dengan memberikan pelatihan, karyawan Anda menjadi lebih berhati-hati dengan sejumlah teknik serangan hacker yang mungkin terjadi.

2. Menggunakan VPN 

Jaringan publik pada umumnya lebih rawan terkena pencurian data. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan koneksi VPN (Virtual Private Network). VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya sehingga kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Dengan demikian, VPN dapat membantu dalam menjaga keamanan sistem dari serangan hacker ketika Anda mengakses jaringan internet.

Baca Juga: Penjelasan Backdoor Beserta Cara untuk Mengatasinya

3. Security assessment secara rutin  

Peretas atau hacker selalu mencari kelemahan dalam sistem. Kelemahan yang ditemukan dapat membantu hacker dalam mendapatkan akses ke jaringan, mengarahkan lalu lintas ke jaringan tertentu, atau menyadap informasi di dalamnya.  Melalui security assessment, Anda bisa mengetahui celah keamanan yang ada di dalam sistem perusahaan Anda, sehingga Anda dapat menambal celah tersebut dan meningkatkan keamanannya.  Beberapa metode assessment yang dapat Anda lakukan seperti Vurnerability Assessment atau Penetration testing.

4. Back up data Anda

Back up data memang tidak secara langsung dapat meningkatkan keamanan sistem Anda. Namun langkah ini mempunyai manfaat yang besar . Langkah ini dapat mebantu Anda dalam meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh hacker. Back up data secara rutin dapat membantu Anda mengembalikan data secara lebih cepat ketika terjadi pencurian data.

Baca Juga: 5 Langkah Mencegah dan Menghindari Cyber Crime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

4 Langkah dan Tips untuk Menjadi Programer Dasar

Baca
Tips & Tricks

Mengenal 5 Teknik dan Macam-macam Angle Fotografi

Baca
Software & Hardware

Langkah-langkah dan Cara Mengatasi HP Bootloop pada Xiaomi

Baca