5 Elemen Penting dalam Web Design

Ketika Anda membuat sebuah website, Anda membutuhkan peran dari seorang web designer. Web designer biasanya akan bekerja dalam tim dan memastikan tampilan web dapat membuat aplikasi bekerja dengan baik. Design yang dibuat nantinya dapat Anda nikmati melalui tampilan desktop, smartphone, dan lain-lain. Meskipun trend design dalam web selalu berkembang, namun dalam pengerjaanya terdapat elemen penting yang harus tetap diperhatikan oleh seorang web designer. Untuk mengetahui elemen penting tersebut, berikut informasinya.

1. Layout

Layout merupakan design dasar untuk membuat tampilan sebuah halaman website. Pembuatan layout web harus mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen design yang dapat memudahkan pembaca dalam mencerna informasi yang disampaikan dalam web. Sebagian besar akan membaca content dari kiri ke kanan, sehingga main post biasanya akan diletakkan di sebelah kiri, sedangkan sidebar berada di sisi kanan.

2. Jenis, warna, dan ukuran Font

Mata manusia cenderung lebih mudah lelah ketika membaca melalui layar, maka pemilihan font juga menjadi bagian yang penting. Jenis font yang dipilih biasanya adalah jenis font yang mudah dibaca serta mempunyai karakter yang sesuai dengan web yang dibuat. Pilihan warna yang paling baik untuk body text adalah hitam, atau warna gradasi abu-abut tua. Sedangkan untuk ukuran font yang digunakan dalam body text yaitu antara 10-12px.

3. White Space

White Space merupakan elemen yang berguna untuk membantu mata manusia dalam mengorganisasi data. Di dalam sebuah halaman web terdapat berbagai macam informasi, sehingga white space atau ruang kosong diperlukan untuk membantu memisahkan elemen-elemen web yang ada.

4. Pemilihan Warna

Warna dapat mempengaruhi mood seseorang, oleh karena itu warna juga menjadi elemen yang penting dalam tampilan web. Hindari pemilihan warna yang terlalu ramai karena dapat menutup content dan informasi utama yang ingin disampaikan dalam web.

5. Navigasi

Navigasi dapat diartikan sebagai petunjuk untuk memudahkan pembaca dalam mencari kontent yang diinginkan. Terdapat dua jenis navigasi, yaitu linear dan hamburger. Untuk memudahkan pembaca atau pengunjung web, navigasi dapat diletakkan di bagian atas layout, bisa di atas atau di bawah header.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca