5 Jenis Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Secara Online

Ketika semua orang mulai berbelanja secara online, maka pemilik bisnis juga harus mulai mengubah trik pemasaran dengan berbagai jenis digital marketing yang ada. Saat ini sebagian besar orang akan mencari review atau barang melalui internet. Dengan strategi digital marketing yang tepat, produk atau layanan yang Anda jual akan lebih mudah ditemukan sehingga peluang untuk mendapat keuntungan akan menjadi lebih besar.

Berikut 5 jenis digital marketing yang dapat Anda gunakan.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization merupakan metode untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari seperti Google. Metode ini dapat mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik yang berkualitas dan relevan dengan bisnis Anda. Beberapa teknik optimasi SEO yang banyak digunakan adalah riset kata kunci relevan dan menggunakannya di dalam konten website, link building, mengoptimalkan page speed, dan lain-lain.

Baca Juga: 6 Teknik SEO on Page untuk Meningkatkan Ranking Website

2. Search Engine Marketing (SEM)

Selain SEO, Search Engine Marketing (SEM) juga dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Meskipun tujuannya sama, namun teknik yang digunakan berbeda. Jika SEO dapat dilakukan secara gratis, SEM menggunakan metode berbayar. Anda dapat mengenali website yang menggunakan teknik SEM dengan melihat tanda “Ad” di awal URL dalam daftar hasil pencarian. Salah satu layanan iklan berbayar yang dapat Anda gunakan di mesin pencari adalah Google AdWords.

3. Social Media Marketing

Social media saat ini menjadi bagian penting dalam pemasaran digital. Melalui media social, Anda dapat berinteraksi dengan konsumen dan mendapatkan berbagai feed back yang nantinya dapat Anda gunakan untuk meningkatkan layanan. Saat ini terdapat beragam jenis social media dengan masing masing fitur yang dimiliki. Anda harus mengetahui platform apa yang paling sesuai dengan brand dan target konsumen Anda agar pemasaran dapat dijangkau oleh target yang tepat. 

4. Content Marketing

Content marketing juga menjadi salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Tujuan dari content marketing adalah membuat target konsumen berinteraksi dengan konten yang Anda buat dan pada akhirnya tertarik untuk menggunakan produk atau layanan yang Anda jual. Selain itu, melalui content marketing, Anda juga dapat membangun brand awareness dan kepercayaan dengan pelanggan. Biasanya, conten marketing ini akan dijalankan bersama jenis digital marketing yang lain seperti SEO atau Social Media Marketing.

5. Iklan Pay Per Click (PPC)

Mirip dengan SEM, PPC juga menggunakan metode pemasaran dimana Anda harus membayar untuk setiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna.  Layanan iklan PPC saat ini tidak hanya disediakan oleh Google, social media seperti Facebook atau Instagram juga sudah menyediakan layanan ini. Dalam iklan PPC, Anda dapat mengatur target pemasaran yang diinginkan. Anda dapat mengatur usia, jenis kelamin, hobi, atau keyword tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Oleh karenanya, melalui iklan ini Anda mengarahkan traffic web yang lebih berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Apa Fungsi Canonical dalam Proses Optimasi SEO?

Baca
Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca