5 Langkah Mencegah dan Menghindari Cyber Crime

Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini telah diikuti dengan maraknya cyber crime yang terjadi. Cyber crime merupakan aktivitas kejahatan di dunia maya yang dilakukan menggunakan jaringan komputer dan internet yang merugikan pihak lain.

Tindak kejahatan ini, tidak hanya akan membuat pihak lain mendapat kerugian berupa hilangnya sejumlah uang, namun bisa lebih dari itu seperti pencurian identitas, pemalsuan cek, pembobolan komputer server, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Jenis Cyber Crime yang Marak Terjadi di Dunia

Untuk melindungi diri dari ancaman ini, Anda dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini.

1. Menggunakan Password yang Kuat

Jika saat ini password yang Anda gunakan masih tergolong lemah, sebaiknya Anda menggantinya menggunakan password yang kuat. Anda dapat mengkombinasikan setidaknya 10 huruf, angka, dan simbol. Selain  itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan password yang sama untuk situs yang berbeda. 

2. Selalu Menggunakan Keamanan Software Up to Date

Peretas biasanya akan memanfaatkan celah keamanan yang terdapat dalam sebuah sistem. Oleh karena itu, perangkat PC atau pun gadget akan melakukan update secara berkala untuk menutup kelemahan-kelemahan tersebut.

Untuk menghindari kemungkinan ancaman cyber crime, maka sebaiknya Anda melakukan pembaruan jika perangkat yang Anda gunakan sudah mempunyai versi yang terbaru. Sebagai tindakan yang lebih aman lagi, Anda juga bisa melakukan update terhadap browser dan plugin yang sedang Anda gunakan.

3. Install Software Antivirus

Antivirus dapat melindungi perangkat Anda dari berbagai malware seperti virus komputer, adware, spyware, dan lain-lain. Selain itu antivirus juga dapat memberikan informasi kepada Anda apakah web yang akan Anda buka aman untuk dikunjungi.  

4. Jangan Membuka Email dengan Isi Link Mencurigakan

Sebaiknya Anda lebih berhati-hati jika menerima email dengan isi link yang mencurigakan. Salah satu kasus cyber crime yang menggunakan email untuk mengirimkan link berbahaya adalah metode phising.

Baca Juga: Contoh Kejahatan Dunia Maya Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

Metode phising ini akan memperoleh data pribadi Anda seperti password, user ID, dan lain-lain ketika Anda membuka link yang telah dikirimkan. 

5. Bekerjasama dengan Konsultan Keamanan IT

Langkah lain yang dapat melindungi Anda adalah dengan meminta bantuan konsultan keamanan IT yang sudah berpengalaman. Peretas saat ini bisa masuk ke sistem keamanan melalui berbagai cara, untuk mengindari hal tersebut Anda bisa meminta bantuan kepada ahlinya.

Para konsultan keamanan IT ini akan bekerja dan melakukan pemeriksaan terhadap sistem keamanan Anda. Mereka akan menginformasikan letak kelemahan sistem yang bisa dibobol oleh peretas. Dengan demikian Anda dapat meningkatkan sistem keamanan yang ada sehingga sehingga data-data Anda tetap dapat terlidungi dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Apa Fungsi Canonical dalam Proses Optimasi SEO?

Baca
Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca