5 Library untuk Web Scraping dengan PHP

Web scraping atau juga dikenal dengan istilah screen scraping, web data extraction, atau web harvesting merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mengekstraksi data dalam jumlah yang besar dari sebuah situs website. Biasanya teknik ini akan digunakan ketika halaman website tidak menyediakan API untuk diakses. Dalam PHP, Anda dapat melakukan scraping dengan beberapa library, yaitu:

1. Guzzle

Guzzle merupakan independen HTTP client untuk PHP. Library PHP ini sangat berguna karena memungkinkan pengguna untuk mengirim permintaan HTTP dengan mudah. Guzzle juga memiliki simple interface yang dapat digunakan untuk membangun query strings, POST requests, menggunakan HTTP cookies, mengupload JSON data, dan lain-lain.

Baca Juga: 3 Teknik untuk Melakukan Web Scraping

2. Simple HTML DOM

Simple HTML DOM adalah library PHP untuk menguraikan data dari suatu halaman website. Dengan library ini, Anda dapat melakukan web scraping menggunakan PHP dan menyimpan data tersebut ke database MySQL. Ditulis dengan PHP 5+, library ini cukup bagus karena memungkinkan Anda untuk mengakses dan menggunakan HTML dengan mudah. Konten juga dapat diekstraksi dari HTML single line.

3. Goutte

Goutte merupakan library PHP yang digunakan untuk screen scraping dan web crawling. Library ini menyediakan API untuk crawling situs website dan scraping data dari respon HTML/XML. Goutte berada di bawah lisensi MIT dan dapat digunakan untuk menguraikan data dengan kecepatan medium.

4. HTTPful

HTTPful adalah library PHP yang cukup mudah dan sederhana. Library ini memungkinkan pihak pengembang untuk fokus pada interaksi API daripada harus menavigasi curl set_opt pages. HTTPful memiliki fitur unggulan seperti automatic parsing, automatic payload serialization, basic auth, serta memiliki kemampuan untuk membaca request template. HTTPful berada di bawah lisensi MIT.

Baca Juga: 5 PHP Framework Populer yang Sering Digunakan

5. HTMLSQL

HTMLSQL adalah library PHP eksperimental yang memungkinkan Anda untuk bisa mengakses HTML values dengan sintaks seperti SQL. Anda tidak perlu menulis fungsi kompleks untuk mengekstrak nilai tertentu. Jika Anda menyukai SQL, Anda juga akan menyukai library eksperimental ini. Dengan HTMLSQL, Anda dapat mengurai data halaman website dengan waktu yang cukup cepat.

WDI menyediakan beragam informasi terkait dunia developer. WDI juga menyediakan info lowongan kerja untuk berbagai posisi di seluruh wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca