5 Point untuk Menghindari Penalti Google Webmaster Guideline

Google telah membuat Google Webmaster Guideline (Quality Guideline) untuk penggunanya agar mesin pencari ini lebih mudah untuk menemukan, mengindeks, serta menentukan page rank web Anda. Jika Anda membuat website yang melanggar guideline yang telah dibuat, maka urutan pencarian web Anda akan turun serta indeks yang dapat dihapus.

Jika Anda menggunakan Google Webmaster Tools ini,  maka Anda akan mendapatkan notifikasi ketika Anda menerima penalti. Jika Anda mendapatkan notifikasi tersebut, atau kesulitan karena website Anda tidak muncul di dalam pencarian, sebaiknya Anda melihat guildeline sekali lagi. Setelah perbaikan dilakukan sesuai dengan guideline, maka penalti yang diberikan pun akan menghilang. Untuk menghindari penalti yang dapat terjadi, berikut 5 point yang harus Anda perhatikan.

Mengatur sitemap

Google Webmaster Guideline merekomendasikan pembuatan sitemap dengan link menuju home page. Hal ini bukan diperuntukkan bagi search engine (sitemap.xml, dsb), namun sebagai sebuah sitemap yang dapat dicari dan dilihat oleh User.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah untuk menautkan lebih dari satu link pada setiap halaman sitemap. Untuk situasi seperti penggunaan banyak link gambar karena kebutuhan desain web, maka Anda dapat melakukkan subtitusi sitemap. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Website Rangking di Google

Memasukkan deskripsi informasi pada IMG Tag dengan benar

Beberapa orang memilih untuk melewati pengisian informasi pada IMG Tag, padahal elemen Alt pada IMG Tag adalah hal yang dibutuhkan secara gramatik. Deskripsi informasi pada IMG Tag merupakan sebuah teks pengganti yang akan muncul ketika gambar tidak dapat diperlihatkan. Sehingga dengan memasukan deskripsi yang sesuai, maka IMG Tag dapat memberikan nilai sebagai website dengan tingkat kegunaan yang tinggi. Selain itu, akan lebih baik jika Anda mengubah nama file gambar sesuai dengan gambar yang ditampilakan. Sebagai contoh file gambar buku dengan nama 2014-20-7.jpg , dapat Anda ubah menjadi buku.jpg

Menampilkan keyword penting ke dalam tulisan

Search engine akan kesulitan menemukan web Anda, jika Anda menitikberatkan penggunaan keyword pada desain dan menjadikan web Anda sebagai image sentris. Sebaiknya, Anda menggunakan keyword tidak dalam bentuk gambar namun dalam bentuk tulisan. Untuk hasil yang lebih baik, Anda juga bisa menggunakan font yang dirancang khusus seperti Web Font.

Menghilangkan link yang tidak valid

Membiarkan link tidak valid yang mengarah pada halaman 404 error akan memberikan nilai buruk untuk website Anda. Selain itu pengunjung atau user web Anda juga akan merasa dibohongi karena teks link yang Anda pasang menampilkan konten yang berbeda pada landing page. Jika Anda ingin mengubah konten di landing page, maka sebaiknya Anda segera memperbaiki link yang menuju landing page tersebut.

Mempercepat akses Website

Ketika akses menuju website menjadi lebih cepat, maka tingkat kenyamanan yang diperoleh oleh user juga akan menjadi lebih tinggi. Karena kecepatan akses website dipengaruhi oleh jumlah dan volume konten di dalam website, maka sebaiknya Anda juga perlu melakukan pengecekan secara berkala.

Layanan WDI

WDI merupakan situs penyedia informasi bagi web developer serta para pengguna yang membutuhkan skill dari web developer berkualitas. Jika Anda ingin mengembangkan karir, Anda dapat mengunjungi halaman karir kami untuk melihat sejumlah lowongan web developer yang telah kami sediakan. Kami juga memiliki informasi proyek yang dapat Anda tangani di halaman daftar proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Software & Hardware

Mengetahui Apa Pengertian dan Fungsi Content Pruning

Baca