5 Tips untuk Meningkatkan Website Security | WDI

5 Tips untuk Meningkatkan Website Security


5 Tips untuk Meningkatkan Website Security

Sebagai pemilik atau pengembang website, Anda perlu mengetahui bahwa website security merupakan salah satu hal yang perlu Anda utamakan. Serangan cyber saat ini sudah semakin meningkat. Dengan berbagai metode, hacker dapat meretas situs website dan mengakses data-data sensitif di dalamnya.

Jika hal ini terjadi, kerugian tidak hanya akan menimpa perusahaan namun juga pelanggan Anda. Akibatnya perusahaan dapat kehilangan kepercayaan pelanggan, turunnya reputasi bisnis, bahkan terkena sanksi hukum atau denda karena tidak dapat melindungi data perusahaan dan pelanggan. Untuk menghindari hal ini terjadi, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan website security perusahaan Anda. 

1. Gunakan SSL

SSL atau Secure Socket Layer dapat melindungi aktivitas transfer data di website Anda. SSL membantu memastikan bahwa data yang dikirim antara server dan browser tetap bersifat private. Ketika Anda menginstal SSL, url website akan menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). HTTPS ini akan menawarkan 3 lapisan perlindungan pada website Anda, yaitu :

-       Autentikasi: memastikan bahwa user berkomunikasi dengan situs web yang diinginkan.

-       Enkripsi: untuk menghindari tindakan pencurian data.

-       Integritas: data akan dibungkus oleh protokol agar tidak dapat diubah.

Sumber : pixabay.com

2. Gunakan password yang kuat

Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun password masih memiliki peran penting untuk menjaga website. Password yang sederhana mungkin memang mudah diingat, namun password tersebut tidak baik untuk keamanan website Anda. Buatlah password kuat menggunakan karakter yang panjang dengan kombinasi angka, simbol, dan huruf. Hindari kata sandi yang mudah ditebak seperti nama atau tanggal lahir.

Baca Juga: 4 Strategi Meningkatkan Cyber Security dalam Perusahaan Anda

3. Software update

Sangat penting untuk menjaga semua platform dan skrip yang Anda instal selalu terupdate. Update yang dimaksud berlaku untuk plugins, sistem operasi server, dan semua software yang dijalankan di website Anda. Perlu Anda ketahui, peretas secara agresif selau mencoba mencari kelemahan keamanan pada suatu sistem. Biasanya para pengembang software melakukan update untuk meningkatkan sistem keamanan pada perangat yang dikembangkan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk selalu melakukan update pada software yang Anda gunakan

4. Penetration testing

Untuk website security yang lebih baik, ada baiknya jika Anda meminta bantuan kepada pihak IT security untuk melakukan penetration testing (pentest). Tim IT security akan melakukan sejumlah pengujian untuk melihat apakah website yang Anda kelola memiliki celah keamanan yang dapat diretas oleh hacker. Celah keamanan yang ditemukan dapat segera ditambal, sehingga website dapat terhindar dari berbagai dampak buruk serangan hacker. 

5. Gunakan Host yang Aman

Anda harus memastikan bahwa penyedia hosting yang Anda gunakan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, pilih hosting provider yang menawarkan bantuan teknis berkelanjutan kapan pun diperlukan. Untuk keamanan website yang lebih baik,  sebaiknya Anda menghindari penggunaan shared hosting. Jika Anda menggunakan shared hosting maka Anda akan berbagi server dengan situs web lain dan ketika salah satu situs diserang maka peretas juga bisa memperoleh akses server yang Anda gunakan. 

Baca Juga: Peran dan Fungsi Web Server dalam Sebuah Website

Layanan WDI

WDI atau Web Developer Indonesia menyediakan daftar perusahaan developer di Indonesia. Kami memiliki daftar perusahaan dengan berbagai fokus layanan seperti web development, web design, mobile app development, PWA development, dan masih banyak lagi. Silakan kunjungi daftar developer kami untuk menemukan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

WDI juga menyediakan daftar lowongan praktisi digital untuk beberapa kategori seperti web design, web analisis, web security, digital marketing, dan lain-lain.  Untuk mengetahui info lowongan pekerjaan yang tersedia hari ini, silakan klik halaman karir WDI.


 


 



Berita Seputar Web Developer

4 Proxy Server Paling Populer di Indonesia Technology Information
Baca