5 Web Server Paling Populer yang Dapat Anda Digunakan

5 Web Server Paling Populer yang Dapat Anda Digunakan

Ketika mengunjungi sebuah website, Anda membutuhkan web server untuk mentransfer data dari host situs web agar dapat ditampilkan di dalam browser.

Web server merupakan software yang berfungsi untuk menerima request dari HTTP atau pun HTTPS dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web atau dokumen HTML.

Jadi, tanpa web server sebuah website tidak bisa diakses atau ditampilkan. Berikut 5 jenis web server yang paling sering digunakan.

1. Apache

Web server yang dikembangkan Apache Software Foundation ini menjadi salah satu web server yang paling populer di dunia. Apache bersifat open source serta dapat digunakan oleh hampir semua sistem operasi seperti Linux, Unix, Windows, FreeBSD, Mac OS X, dan masih banyak lagi.

Apache juga memiliki virtual hosting module yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa situs web dari server yang sama. Dengan performa yang dimiliki, Apache menjadi salah satu server tertua dan paling dapat diandalkan.

2. Nginx

Nginx bersifat open source dan dibuat untuk  menangani kebutuhan web dengan traffic yang tinggi. Nginx juga dapat berfungsi sebagai proxy server untuk email seperti IMAP, POP3, dan SMTP. Selain itu proses instalasi dan konfigurasi Nginx juga dinilai cukup mudah dan sederhana bagi para users.

3. Lighttpd

Lighttpd memiliki beberapa kelebihan yaitu aman, ringan, cepat, mengkonsumsi sedikit daya CPU, serta dirancang untuk kinerja website tinggi . Lighttpd juga dapat berjalan dengan baik di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS X, Linux dan Solaris.

4. LiteSpeed

LiteSpeed menjadi salah satu server populer yang banyak digunakan untuk membangun situs website. Selain memiliki performa yang baik, Litespeed mempunyai fitur anti Ddos sebagai upaya untuk menangkal serangan DDos. Litespeed juga dirancang agar bisa menangani situs website dengan ribuan pengunjung perdetik.

5. Microsoft IIS

Microsoft IIS (Internet Information Services ) adalah server website dengan performa tinggi milik Microsoft. IIS memiliki banyak fitur serta dapat digunakan untuk menghosting aplikasi web ASP.NET dan situs web statis. Server ini juga mendukung beberapa protokol seperti FTP, HTTP, NNTP, SMTP dan SSL.

Baca Juga: Peran dan Fungsi Web Server dalam Sebuah Website

Layanan WDI

WDI menyediakan berbagai informasi di bidang Internet dan IT untuk membantu meningkatkan bisnis Anda . Kami akan membantu Anda untuk menemukan profil serta portofolio dari seluruh perusahaan Web Developer terbaik di Indonesia.

Jika saat ini Anda sedang mencari layanan server terpercaya di Indonesia, silakan kunjungi daftar perusahaan yang telah kami sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Perbedaan Google Indexing dan Crawling

Baca
Software & Hardware

Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

Baca