6 Kriteria backlink yang Berkualitas dalam Optimasi SEO

6 Kriteria backlink yang Berkualitas dalam Optimasi SEO

Backlink yang berkualitas wajib untuk didapatkan saat melakukan link building atau off-page SEO. Optimasi SEO, terutama off page memiliki kaitan yang erat dengan backlink. Beberapa perubahaan dalam algoritma Google memaksa pemilik situs terus belajar untuk mengupdate optimasi mereka.

Hal ini bertujuan agar suatu website memiliki peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian di Google.

Baca Juga: 6 Teknik SEO on Page untuk Meningkatkan Rangking Website

Seperti apakah ciri-ciri kriteria yang berkualitas? Berikut merupakan beberapa kriteria yang bermanfaat untuk SEO.

1. Relevan

Kriteria pertama yaitu berasal dari website yang isinya relevan dengan halaman web kita. Bagaimana cara untuk mengetahui suatu website relevan atau tidak dengan website yang kita miliki? Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk dapat mengetahuinya.

Langkah pertama yaitu dengan melihat title tag dari halaman website tersebut. Perlu diperhatikan juga untuk topik website secara keseluruhan dan membaca apakah isi tulisannya relevan dengan artikel pada website kita.

2. Berkualitas dan Terpercaya

Selain harus relevan, backlink yang berkualitas harus berasal dari website yang terpercaya oleh mesin pencari. Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Cara yang paling mudah yaitu dengan melihat pagerank halaman suatu website.

3. Natural

Kriteria ini merupakan hal yang terpenting. Backlink yang didapatkan harus datang secara natural. Maksud dari secara natural yaitu muncul karena orang yang membaca artikel kita tertarik dan secara sukarela memberikantautan ke halaman website kita.

Misalnya konten yang telah dibuat sangat menarik sehingga menginspirasi orang yang membacanya untuk menulis suatu topik yang serupa dan memberikan backlink kepada kita sebagai referensi tulisannya.

4. Bertahan Lama

Backlink yang baik harus berada selama mungkin pada website yang memberikannya. Tautan yang bertahan hanya sebentar atau cepat menghilang akan menurunkan peringkat website. Coba untuk mengusahakan backlink dari halaman website yang sifatnya permanen. Banyak kasus yang membuat hal tersebut hilang karena domain website yang memberikannya sudah expired dan tidak lagi diperpanjang. Link yang hilang dikenal sebagai broken link.

Baca Juga: 3 Tools SEO yang Banyak Digunakan Para Ahli SEO

5. Tidak Diarahkan ke Homepage

Backlink yang memiliki kualitas yang baik tidak diarahkan ke homepage atau halaman utama website kita, melainkan diarahkan ke sebuah halaman spesifik yang ada di dalamnya.

Hal ini mempengaruhi penilaian relevansi antara backlink dengan website. Umumnya halamman utama website berisi berbagai macam topik beserta link yang banyak. Sifatnya pun dinamis karena sering mengalami perubahan karena update yang dilakukan. Maka dari itu, mendapatkan backlink yang diarahkan ke sebuah halaman tertentu akan lebih baik.

6. Penggunaan Keyword pada Anchor Text

Katakan kita telah menemukan website yang terpercaya dengan konten yang relevan. Selanjutnya memastikan anchor text yang digunakan untuk menautkan halaman tersebut ke halaman website kita. Gunakan keyword pada backlink dari website tersebut.

Contohnya jika website kita menargetkan keyword “toko sparepart di Bandung” maka anchor text yang baik yaitu yang menggunakan kalimat “toko sparepart di Bandung, “penjual sparepart di Bandung”, atau “tempat membeli sparepart yang terpercaya di Bandung”. Sebaliknya, jangan menggunakan anchor text yang tidak bermakna seperti “klik di sini”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer