7 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Indonesia yang Bisa Anda Pelajari

Bahasa pemrograman merupakan sintaks yang berfungsi untuk memerintah perangkat lunak dalam komputer. Saat ini sudah terdapat banyak sekali jenis bahasa pemrograman. Namun biasanya dalam mengerjakan sebuah proyek, seorang programmer hanya akan menggunakan beberapa bahasa saja.

Jika Anda tertarik untuk membuat sebuah website, Anda harus mempelajari bahasa pemrograman terlebih dahulu. Dengan mempelajarinya, Anda dapat membuat website sendiri dengan bahasa yang telah Anda kuasai. Selain itu, Anda juga bisa dengan leluasa membuat tampilan website sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Berikut beberapa bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia.

1. Java

Java merupakan salah satu bahasa yang  paling populer saat ini. Jave tidah hanya digunakan untuk membuat aplikasi desktop, tetapi juga digunakan untuk pembuatan aplikasi mobile. Bahasa Java mudah dipahami sehingga banyak digunakan oleh programmer Indonesia. Disisi lain, Bahasa Java juga bersifat open source yang menjadikan bahasa ini dapat berkembang dan dikenal oleh banyak programmer.

2. Python

Python mempunyai fungsi yang sama dengan Java. Bahasa ini dapat digunakan untuk membangun aplikasi dari website atau pun mobile. Jika Anda seorang pemula, bahasa ini juga bisa Anda coba untuk dipelajari karena sintaks yang digunakan cukup sederhana. Banyak perusahaan besar yang menggunakan Python sebagai bahasa pemrogramannya, yaitu Instagram, Pinterest, Yahoo, dan lain-lain.

3. Javascript

Javascript menjadi salah satu bahasa  terpenting bagi para web developer. Tidak hanya digunakan untuk pembuatan website, Javascrips juga mengarah pada pembuatan aplikasi mobile, game, dan juga desktop. Kelebihan bahasa ini dapat digunakan di berbagai browser dan platform. Selain itu Javascrips tidak membutuhkan resource memory besar, bersifat dinamis, serta mudah untuk dikembangkan.

4. PHP

PHP merupakan salah satu bahasa yang mudah dipelajari. Bahasa ini sudah menjadai bahasa pemrograma popluer yang digunakan untuk mengembangkan website. Sudah lebih dari 10 juta website yang menggunakan bahasa PHP ini. PHP banyak digunakan untuk menambahkan fungsi yang tidak dimiliki HTML dan untuk berinteraksi dengan database MySQL.

5. C#

C# atau dapat dibaca sebagai C Sharp merupakan bahsan yang menggabungkan prinsip C dan C++ yang telah dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa ini memiliki kelebihan seperti flexible, powerful, serta mudah digunakan karena akan memberitahku dimana letak kesalahan kita jika terjadi kesalahan dalam aplikasi.

6. C

C merupakan bahasa  yang sudah lama ada di dunia komputer. Bahasa ini menjadi dasar dalam pengembangan bahasa komputer yang lain. Struktur data pada bahasa C ini terstruktur sehingga dapat dengan mudah untuk dikembangkan dan dipahami.

7. R

Bahasa R dirilis pada tahun 1993, namun kepopulerannya mulai muncul pada beberapa tahun terakhir. Bahasa ini terkadang digunakan untuk pengembangan website namun perlu bantuan bahasa yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Perbedaan Google Indexing dan Crawling

Baca
Software & Hardware

Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

Baca