Apa Itu Developer? Tugas dan Kualifikasi Apa Saja yang Diperlukan?

Apa Itu Developer? Tugas dan Kualifikasi Apa Saja yang Diperlukan?

Untuk Anda yang tertarik untuk belajar Bahasa pemrograman, Developer mungkin merupakan salah satu profesi yang ingin Anda jalani. Terutama dengan begitu banyaknya kesempatan kerja yang terbuka. Tetapi, sebelum benar-benar terjun ke dalam profesi ini, Anda terlebih dahulu perlu tahu apa itu Developer?  Tugas dan kualifikasi apa saja yang diperlukan?

Apa Itu Developer?

Developer merupakan seseorang yang bertugas untuk mewujudkan desain sebuah produk atau layanan, biasanya berupa software atau website. Developer membuat produk dengan cara menulis baris-baris kode yang rumit dengan menggunakan berbagai Bahasa pemrograman seperti HTML dan Python.

Seorang Developer harus melakukan seluruh pekerjaannya dengan prinsip-prinsip implementasi perangkat lunak / website termasuk maintainability, skalabilitas, ketahanan, kinerja, keamanan dan desain.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menjadi iOS Developer

Tugas Developer

Beberapa Developer memiliki spesialisasi khusus. Sebuah proyek besar biasanya dibuat melalui kolaborasi antara beberapa Developer yang berbeda.

Berdasarkan spesialisasinya dan tugasnya, Developer dibagi menjadi 3 macam, yakni:

1. Front-end Developer

Front-end Developer bertugas untuk menerjemahkan konsep produk ke dalam kode-kode dan Bahasa pemrograman tertentu serta mengimplementasikannya. Seorang Front-end Developer setidaknya harus memahami 3 bahasa pemrograman yang utama, yakni CSS, HTML, dan Javascript. Seorang Front-end Developer harus memastikan bahwa produk yang akan dibuat tampak bagus, berfungsi dengan baik, dan berisi konten yang benar.

2. Back-end Developer

Pekerjaan seorang Back-end Developer berhubungan dengan sejumlah hal yang berkaitan dengan server. Mereka bertugas membuat kode serta program yang mendukung suatu software atau server sebauh situs. Hal ini termasuk membuat database dan aplikasi penyertanya. Salah satu tugas back-end developer adalah memastikan situs memiliki kecepatan mencukupi agar SEO (Search Engine Optimization) dapat berfungsi optimal.

3. Full-stack Developer

Seorang Full-stack Developer harus memahami dan mampu melakukan tugas Front-end dan Back-end. Dalam artian mereka dapat melakukan semua hal sekaligus. Full-stack developer banyak dicari untuk membuat produk yang tidak membutuhkan anggaran besar dalam pembuatanya.

Baca Juga: Keuntungan Bekerja Menggunakan Framework bagi Developer

Kualifikasi Seorang Developer

Sebelum Anda dapat melakukan tugas sebagai seorang Developer, terdapat beberapa skill atau kualifikasi yang harus dimiliki. Di antaranya yaitu:

1. Memahami Bahasa Pemrograman

Terdapat 3 bahasa pemrograman yang paling umum untuk digunakan oleh Developer yaitu, HTML, CSS, dan JavaScript. Bahasa pemrograman sendiri merupakan hal yang harus dimiliki oleh Developer.

HTML merupakan Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat situs dan aplikasi. Anda dapat menggunakannya untuk membuat suatu struktur halaman. CSS digunakan untuk  mendeskripsikan presentasi visual dari halaman terserbut, termasuk font, warna, serta layout-nya.

JavaScript digunakan untuk membuat halaman-halaman tampil interaktif. Meski masih banyak Bahasa pemrograman yang ada, HTML, CSS, dan JavaScript merupakan hal yang paling berguna untuk Developer pemula.

2. Libraries dan Frameworks: Bootstrap dan jQuery

Anda dapat menggunakan library dan frameworks yang pada dasarnya dibuat untuk menyederhanakan serta mempercepat pekerjaan Anda dengan HTML, CSS dan JavaScript. Terdapat banyak contoh library serta frameworks yang digunakan oleh para web developer, tetapi Bootstrap dan jQuery merupakan library dan frameworks yang paling populer. Memahami kedua hal tersebut akan memberikan keuntungan yang besar untuk karier Anda sebagai Web Developer.

3. Git dan Github

Git adalah sistem kontrol versi yang dapat melacak semua perubahan pada kode yang telah dibuat. Sementara GitHub merupakan layanan hosting untuk menyimpan repositori Git Anda. GitHub memungkinkan Developer yang bekerja dalam tim untuk melakukan proyek kolaborasi.

Berita Seputar Web Developer