Apa Itu Progressive Web Apps ( PWA ) ?

Progressive Web Apps atau PWA mengalami perkembangan popularitas beberapa tahun terakhir ini. Seperti yang Anda ketahui, website saat ini sudah banyak digunakan sebagai media pemasaran untuk berbagai bisnis. Dengan mengimplementasikan teknologi baru seperti PWA,  website dapat memiliki kinerja yang lebih baik sehingga mampu memberi  lebih banyak keuntungan. 

Progressive Web Apps

Progressive Web Apps adalah aplikasi website yang dibangun menggunakan teknologi modern untuk memberikan tampilan dan pengalaman yang sama seperti aplikasi asli. Meskipun PWA dibangun menggunakan teknologi web pada umumnya seperti HTML, CSS, dan JavaScript, namun PWA memiliki kinerja dan kegunaan yang hampir sama dengan aplikasi. PWA didukung dengan teknologi bernama service worker sehinga mampu memberikan fungsionalitas offline, notifikasi, update konten, dan lain-lain. 

PWA dapat dioperasikan melalui browser dan Anda dapat menambahkannya di layar beranda ponsel hanya dengan klik pada opsi “add to your homepage” dari menu browser tanpa harus menginstalnya. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi ini, seperti Twitter, Spotify, Instagram, dan lain-lain.

Baca Juga: Mobile Application VS Website Application. Apa saja perbedaannya ?

Karakteristik Progressive Web App

1. Progresif : Karena PWA dibangun dengan peningkatan progresif sebagai prinsip inti, PWA dapat dioperasikan oleh semua user melalui web browser yang mereka gunakan baik itu Chrome, Safari, Opera, atau yang lain.

2. Responsive : PWA juga dapat bekerja dengan baik untuk semua jenis perangkat.

3. Connectivity independent : Dengan menambahkan service workers, PWA dapat bekerja meski dengan koneksi yang lemah.

4. Seperti aplikasi asli : menggunakan app-shell sehingga website dapat menyediakan navigasi seperti aplikasi asli.

5. Aman : disediakan melalui protokol HTTPS untuk menghindari pengintaian. 

6. Installable : memungkinkan pengguna untuk menyimpan PWA secara langsung dari browser ke home screen ponsel tanpa harus mendownload aplikasi dari app store.

7. Meningkatkan user engagement : dengan fitur PWA seperti push notifications, Anda dapat meningkatkan enggagement dengan penggunanya. 

8. Linkable : PWA mudah untuk dibagikan dan disebarluaskan tanpa proses instalasi yang rumit.

Baca Juga:  6 Jenis Web Application yang Perlu Anda Ketahui

Layanan WDI

WDI atau Web Developer Indonesia menyediakan daftar perusahaan profesional untuk layanan PWA development. WDI juga menyediakan daftar perusahaan untuk fokus layanan yang lain seperti web development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Silakan kunjungi daftar developer kami untuk menemukan perusahaan developer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Software & Hardware

Apa Itu Application Layer ? Apa Saja Fungsinya ?

Baca
Software & Hardware

Langkah-langkah dan Cara Mengatasi HP Bootloop pada Xiaomi

Baca
Software & Hardware

Apa itu Web Framework ?

Baca