Apa Saja Tugas Sales Consultant di Perusahaan ? | WDI

Apa Saja Tugas Sales Consultant di Perusahaan ?


Apa Saja Tugas Sales Consultant di Perusahaan ?

Tugas sales consultant adalah membantu suatu perusahaan atau bisnis untuk meningkatkan penjualan atau keuntungan. Mereka akan membantu mempromosikan produk dan layanan serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Oleh karenanya, tugas sales consultant ini sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan di berbagai bidang industri.

Dalam menjalankan tugasnya, sales consultant harus menguasai beberapa skill, seperti:

1. Product Knowledge

Karena sales consultant juga bekerja untuk menjembatani antara perusahaan dan client, maka mereka harus menguasai produk dengan baik.

2. Komunikasi

Tugas sales consultant dapat dilakukan dengan mudah jika mereka menguasai komunikasi persuasif yang bertujuan untuk mengubah dan memengaruhi calon konsumen.

3. Menganalisis

Kemampuan ini dibutuhkan untuk menganalisis kebutuhan konsumen. Ketika sales mengetahui apa yang menjadi masalah konsumen, maka mereka dapat memberikan solusi yang sesuai agar mau menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: 4 Skill yang Dibutuhkan Sales Consultant untuk Menghasilkan Penjualan

Dengan skill-skill yang sudah disebutkan sebelumnya, sales consultant diharapkan untuk bisa mencapai target penjualan yang sudah ditentukan. Salah satu tugas sales consultant yang utama adalah menemukan konsumen potensial. Biasanya mereka akan melakukan meeting dengan klien di kantor perusahaan mereka sendiri, atau mengunjungi lokasi klien berada. 

Sales consultant harus memiliki product knowledge yang baik karena mereka memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan detail suatu produk kepada klien. Selain itu, dalam beberapa kasus, sales consultant juga diharapkan bisa membantu memberikan pelatihan tentang cara menggunakan produk.

Agar lebih jelas, berikut kami sediakan beberapa tugas sales consultant:

1. Menjual produk atau layanan dari suatu perusahaan.

2. Memberikan informasi atau penjelasan mengenai suatu produk dan layanan.

3. Memastikan target perusahaan dapat tercapai.

4. Mencari pelanggan potensial untuk meningkatkan penjualan.

5. Berkomunikasi dengan pelanggan baik secara langsung atau tidak langsung seperti melalui telepon atau pun email untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.

6. Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan atau calon pelanggan.

7. Menganalisa dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, pasar, atau pelanggan agar sesuai dengan solusi yang ditawarkan dalam suatu produk atau layanan.

Baca Juga: Keahlian yang Perlu Anda Pelajari untuk Menjadi Project Manager

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai informasi seputar dunia developer atau mencari info lowongan pekerjaan di bidang IT, silakan kunjungi situs WDI. Kami menyediakan berbagai info yang berguna untuk Anda.