4 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online untuk Kegiatan Belajar di Rumah

4 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online untuk Kegiatan Belajar di Rumah

Dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak aplikasi belajar online yang memungkinkan para siswa untuk bisa belajar dari rumah. Semenjak menyebarnya virus Covid 19, pemerintah memang menghimbau masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan dari rumah termasuk kegiatan belajar mengajar.

Dengan adanya himbauan tersebut, sebagian besar sekolah dan universitas sudah meniadakan kegiatan belajar secara tatap muka. Sebagai gantinya, sekolah menggunakan sistem belajar daring yang menggunakan model interaktif berbasis internet. 

Ketika belajar dengan sistem daring, siswa dapat menggunakan aplikasi belajar online yang ada di Indonesia. Dengan aplikasi ini, siswa tetap dapat mengikuti mata pelajaran yang diberikan oleh guru mereka. Berikut 10 rekomendasi aplikasi belajar online yang sering digunakan untuk belajar dari rumah.

4 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online 

1. Ruangguru

Ruangguru menjadi salah satu aplikasi belajar online terpopuler yang banyak digunakan oleh para siswa. Sampai saat ini, Ruangguru sudah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta sudah mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasanya untuk mengajar di berbagai bidang pelajaran.

Aplikasi ini mempunyai berbagai layanan belajar yang dapat diakses dengan bantuan teknologi seperti kelas virtual, platform untuk ujian online, dan masih banyak lagi. Di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang, Ruangguru juga menyediakan layanan Sekolah Online gratis dimana siswa dapat mengikuti proses belajar dari jarak jauh.

Seperti sekolah pada umumnya, program Sekolah Online milik Ruangguru diadakan setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 pagi sampai 12 siang. Namun jika siswa tidak dapat mengikuti sesi ini, siswa tetap bisa belajar dari rekaman Sekola Online yang dapat diakses setelah pukul 12 siang.

Program Ruangguru ini akan menyediakan 15 kanal live teaching yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru untuk mengulas mata pelajaran siswa yang sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Siswa yang dapat mengikuti program Sekolah Online adalah siswa kelas 1 SD sampai dengan kelas 12 SMA baik jurusan IPA atau IPS.

Jika selama sesi live teaching para siswa memiliki pertanyaan, Ruangguru menyediakan fitur live chat yang dapat digunakan. Fitr tersebut juga sering dimanfaatkan para siswa untuk berdiskusi mengenai mata pelajar yang sedang diajarkan.

Selain layanan live teaching, siswa juga dapat belajar dengan menggunakan fitur Bank Soal serta Online Tryout secara gratis.

Baca Juga: 5 Tips Agar Remote Working Tetap Nyaman dan Produktif

Aplikasi Belajar Online

2. Zenius Education

Zenius merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang pendidikan dan sudah mulai menjalankan layanannya sejak tahun 2004.

Aplikasi belajar online ini disediakan untuk para siswa mulai dari tingkat SD sampai SMA. Model pembelajaran disediakan dalam format video berbahasa Indonesia dan dapat diakses secara online menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, tablet, atau smartphone. 

Sampai bulan Maret 2020. Zenius sudah memiliki video pembelajaran dengan jumlah mencapai 80.000. Video pembelajaran tersebut pada umumnya akan disediakan dalam format whiteboard sehingga tidak membutuhkan banyak kuota internet. Selain itu, Zenius juga memberikan materi latihan dan pembahasan soal-soal UN.

Secara garis besar, Zenius Education memiliki 3 produk unggulan, yaitu :

  • Website Zenius : di sini siswa dapat mengakses video pembelajaran, paket latihan soal (SD, SMP, SMA), pembahasan soal Ujian Nasional (SD, SMP, SMA), dan lain-lain.
  • Zenius app : aplikasi belajar berbasis Android.
  • Zenius prestasi: layanan yang disediakan untuk para guru dan sekolah agar lebih mudah dalam merancang proses ujian siswa mulai dari pembuatan soal, pelaksanaan ujian, proses koreksi, sampai proses evaluasi.

3. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah aplikasi belajar online yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi ini disediakan untuk memudahkan sistem belajar daring dengan menyediakan konten interaktif dalam bentuk audio, video, gambar dan animasi.

Rumah Belajar memiliki materi yang cukup lengkap untuk semua siswa yaitu dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Tidak hanya itu saja, Rumah Belajar juga menyediakan materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Beberapa fitur utama yang disediakan Rumah Belajar adalah :

  • Kelas Maya : Learning Management System untuk proses belajar secara virtual antara guru dan siswa.
  • Sumber Belajar : berisi materi sesuai kurikulum yang disediakan untuk guru dan siswa. Materi disediakan dengan tampilan yang menarik seperti video, animasi, atau permainan.
  • Laboratorium Maya : Fitur untuk simulasi praktikum laboratorium.
  • Bank Soal : berisi kumpulan materi dan soal .

4. Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi yang bergerak pada bidang pendidikan dengan berbagai layanan seperti e-Learning, coaching, serta tutoring. Perusahaan ini pertama kali berdiri di London, namun saat ini sudah tersedia untuk beberapa negara lain yaitu Indonesia, Jepang, dan Filipina.

Untuk memudahkan proses belajar mengajar, Quipper memiliki 3 layanan utama di Indonesia:

  • Quipper School

Sistem pembelajaran yang disediakan untuk guru dan siswa (SMP dan SMA).

  • Quipper Video

Layanan e-learning yang berisi video online agar siswa (SMP dan SMA) dapat belajar secara mandiri.

  • Quipper Video (Master Class)

Layanan e-learning premium dengan fitur interaktif yaitu Tanya Tutor dan Bimbingan Online. (SMP dan SMA).

  • Quipper Campus

Platform yang disediakan Quipper untuk memudahkan siswa dalam mencari informasi kampus berkualitas di Indonesia (SMA dan sederajat)

Baca Juga: Tips Membuat Foto Bokeh Terbaik Menggunakan Kamera Smartphone

Dengan adanya aplikasi belajar online di atas, diharapkan kegiatan belajar dan mengajar tetap dapat berjalan meskipun masa pandemi belum selesai.  Belajar secara virtual juga tetap berjalan dengan menyenangkan dengan kehadiran aplikasi belajar yang mudah untuk diakses. 

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca