7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Banyak aplikasi chat selain Whatsapp yang bisa Anda gunakan. Whatsapp saat ini memang menjadi aplikasi chat yang paling banyak digunakan di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari statista.com, Indonesia merupakan negara keempat dengan pengguna Whatsapp tertinggi di dunia.

Aplikasi chat ini memang sangat mudah digunakan. Selain itu, Whatsapp juga menyediakan berbagai fitur sehingga penggunanya dapat melakukan obrolan dengan lebih menyenangkan.

Namun tahukah Anda, saat ini terdapat beragam aplikasi chat selain Whatsapp yang bisa Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi ini juga memiliki beragam fitur menarik yang dapat mempermudah komunikasi Anda dengan teman atau kerabat Anda.

Whatsapp memang telah mendominasi aplikasi komunikasi di Indonesia. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba aplikasi chat selain Whatsapp berikut ini.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Pengguna iOS dan Android

aplikasi chat selain whatsapp

7 Aplikasi Chat Selain Whatsapp

1. Telegram

Telegram sudah cukup populer di Indonesia. Aplikasi chat ini juga memiliki berbagai fitur menarik yang tidak kalah dengan Whatsapp.

Jika Anda adalah orang yang mengutamakan privasi, maka Telegram merupakan aplikasi chat yang sesuai untuk Anda. Telegram merupakan aplikasi chat multi platform yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan terenkripsi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur self-destruct yang akan menghapus pesan secara permanen setelah jangka waktu tertentu.

Selain itu, Telegram juga mempunyai beberapa fitur yang diunggulkan. Beberapa diantaranya seperti dapat mengirim file berukuran besar, telegram group yang dapat menampung sekitar 200000 anggota, secret chats, dan masih banyak lagi. 

2. LINE

Aplikasi chat selain Whatsapp selanjutnya adalah LINE. Aplikasi chat ini terkenal dengan karakter ikoniknya yang lucu seperti Moon, James, Brown, dan Cony.

Sama seperti Whatsapp, LINE juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan atau video chat dengan beberapa orang. Ketika melakukan panggilan melalui LINE, Anda dapat menggunakan fitur efek dan filter sehingga obrolan yang Anda lakukan akan terasa lebih menyenangkan.

LINE juga dapat digunakan sebagai personal social network. Di sini, Anda dapat memposting foto dan video untuk berbagi momen dengan teman-teman Anda.

3. Skype

Skype mungkin lebih dikenal sebagai aplikasi untuk video call. Namun perlu Anda ketahui, Skype memiliki fitur chatting yang bisa dimanfaatkan untuk mengirim pesan text.

Dengan Skype, Anda dapat berbagi foto dan audio, melakukan panggilan telepon, serta group video call. Skype juga menggunakan End-to-end encryption untuk menjaga privasi pengguna yang melakukan percakapan sensitif.

4. Viber

Viber adalah aplikasi chat dengan beragam fitur di dalamnya. Dengan Viber, Anda dapat berbagi file, melihat last seen, melakukan panggilan suara, video message, dan lain-lain.

Viber juga mengutamakan keamanan penggunanya. Aplikasi chat ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan video atau suara dengan  menggunakan end-to-end encryption. Selain itu, Viber memiliki fitur self destruct yang akan menghapus pesan rahasia Anda dalam waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi dari pengguna Viber.

5. WeChat

WeChat adalah aplikasi chat yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Aplikasi chat ini juga dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi seperti Whatsapp. Fitur-fitur utamanya juga hampir sama dengan Whatsapp. Melalui WeChat, Anda dapat mengirim pesan text, membuat grup chat, serta voice message. Untuk fitur video call di WeChat dapat dilakukan dengan 9 orang anggota. 

Dengan aplikasi WeChat, Anda juga dapat menggunakan fitur Momen. Momen merupakan fitur yang berisi timeline yang bisa digunakan untuk berbagai foto dan memberi komentar pada konten yang diposting. Ada juga fitur Time Capsule dimana pengguna dapat berbagai video pendek yang akan menghilang setelah 24 jam. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online untuk Kegiatan Belajar di Rumah

6. Imo

Aplikasi yang selanjutnya bernama Imo. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan panggilan suara, video call, serta untuk mengirim pesan text secara gratis. Melalui aplikasi Imo ini, Anda dapat berbagi foto dan video dengan cepat. Imo juga dapat mengirim berbagai jenis file mulai dari doc, mp3, zip, pdf, dan lain-lain.

Sama seperti Whatsapp, ketika menggunakan Imo, Anda membutuhkan nomor telepon untuk login. Imo berbasis cloud, sehingga semua history pesan dan file akan disimpan dengan aman di dalam cloud Imo.

7. Slack

Slack biasanya digunakan oleh para karyawan yang bekerja dengan sistem remote. Aplikasi ini digunakan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menyelesaikan suatu proyek.

Meskipun demikian, Slack merupakan aplikasi chat yang bisa digunakan siapa saja. Aplikasi instant messaging ini memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan rekan atau keluarga Anda.

Dengan Slack, Anda dapat mengirim pesan text, melakukan panggilan suara, video call, mengirim file berukuran besar, dan masih banyak lagi. Slack juga mempunyai fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat “channel” yang digunakan untuk berkomunikasi dengan grup Anda.

Karena sering digunakan sebagai aplikasi untuk project management, maka aplikasi ini juga didesain dengan sistem keamanan yang baik. Slack menawarkan autentikasi dua faktor sebagai lapisan keamanan tambahan untuk akun Anda. 

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi chat selain Whatsapp yang bisa Anda gunakan. Dari 7 aplikasi di atas, aplikasi apa saja yang sudah pernah Anda gunakan ?

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Apa Fungsi Canonical dalam Proses Optimasi SEO?

Baca
Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca