Apa Itu Application Layer ? Apa Saja Fungsinya ?

Apa Itu Application Layer ? Apa Saja Fungsinya ?

Application layer merupakan layer ketujuh yang ada dalam Open Systems Interconnection (OSI) model dan menjadi satu-satunya layer yang dapat secara langsung berinteraksi dengan end user. Layer ini terletak pada tingkat paling atas dan diizinkan oleh perangkat lunak atau user untuk mendapatkan akses ke jaringan. Layer akan betugas untuk mendefinisikan setiap konten yang ditransmisikan melalui jaringan, kemudian menampilkannya ke dalam aplikasi sehingga dapat dilihat oleh user.

Dalam menjalankan fungsinya, layer akan bekerja dengan bantuan beberapa protocol, seperti DNS (Domain Name System), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), atau FTP (File Transfer Protocol). Pada umumnya, fungsi layer ini adalah untuk mengidentifikasi komunikasi, menentukan ketersediaan sumber daya, dan menyinkronkan komunikasi. Berikut beberapa fungsi utamanya.

application layer
Sumber: monovm.com

1. Untuk mengumpulkan informasi dan data

Application layer berfungsi sebagai kolektor untuk semua informasi dan data yang diterima. Data-data yang sudah ditansmisikan melalui jaringan komputer, akan dikumpulkan menjadi satu dan ditampilkan dalam aplikasi. Sedangkan ketika user mengirimkan data, maka layer akan bekerja untuk mengumpulkan seluruh data tersebut kemudian meneruskannya ke layer selanjutnya yaitu presentation layer agar bisa diproses lebih jauh di jaringan.

Baca Juga: Pengertian Bandwidth Pada Hosting

2. Sebagai user interface

Layer juga berfungsi sebagai user interface ketika menampilkan data. User interface di sini berarti suatu aplikasi yang digunakan oleh user untuk mengakses data dan konten lain yang ditransmisikan melalui jaringan. Dengan adanya layer ini, maka user dapat melihat konten dan data yang diterima dengan mudah dan cepat. Sebagian besar user interface yang bekerjasama dengan layer ini merupakan aplikasi atau program yang banyak menampilkan pesan, seperti email, web browser, aplikasi chatting, dan lain-lain.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bandwidth Yang Terdapat Pada Jaringan Internet

3. Sebagai virtual terminal

Layer memungkinkan user untuk bisa masuk ke dalam remote host karena layer akan membuat emulasi terminal perangkat lunak. Dengan cara ini, komputer pengguna dapat berkomunikasi dengan terminal software dan host. Kemudian, remote host tersebut akan berfikir bahwa dia berkomunikasi dengan salah satu terminalnya sendiri sehingga memungkinkan user untuk bisa masuk.

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Cara Mengatasi Error 404 Not Found yang Terjadi pada WordPress

Baca
Software & Hardware

Langkah-langkah dan Cara Mengatasi HP Bootloop pada Xiaomi

Baca
Technology Information

Penyebab Bootloop di Android dan Cara untuk Mengatasinya

Baca