Contoh Cyber Crime yang Sering Terjadi di Dunia Maya

Contoh Cyber Crime yang Sering Terjadi di Dunia Maya

Berkembangnya teknologi juga membuat kejahatan pada dunia maya semakin berkembang. Kasus kejahatan internet pada umumnya bersangkutan dengan privasi sesorang. Baik dari pencurian dokumen rahasia, peretasan, dan hal-hal lainnya yang bersifat merugikan. Pelaku yang melakukan kejahatan siber dalam internet disebut dengan Hacker.

Banyak perusahaan yang memberlakukan para karyawannya untuk melakukan work from home karena pandemi virus Corona membuat banyak pelaku kejahatan siber melakukan aksinya. Pelaku memanfaatkan situasi ini dengan melakukan peretasan terhadap akun-akun perusahaan atau Lembaga ternama lainnya di saat melakukan rapat online menggunakan aplikasi video conference. Hacker nantinya akan menjual akun.

Baca Juga: 5 Langkah Mencegah dan Menghindari Cyber Crime

Contoh Kasus Kejahatan Cyber Crime

Ada banyak sekali kasus Cyber Crime yang terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain yang ada didunia. Berikut merupakan beberapa contoh kasusnya.

1. Memalsukan Akun Facebook

Contoh Cyber Crime yang sering terjadi yaitu pengkloningan akun Facebook seseorang. Tindakan ini banyak terjadi pada public figure atau tokoh-tokoh terkenal yang memiliki banyak pengikut.

Dengan banyaknya pengikut yang diterima akun kloningan tersebut, pelaku biasanya akan semakin cepat mendapatkan korban. Kasus seperti ini biasanya meminta bayaran uang dengan cara mentransfer ke rekening tertentu.

2. Fenomena Ransomware WanncaCry

Beberapa tahun lalu dunia digital sempat diramaikan dengan kemunculan virus Ransomware WannaCry. Virus ini mampu mengunci data komputer seseorang. Untuk membuka dan mengakses Kembali data tersebut, Anda harus membayar dengan sejumlah uang tebusan melalui wallet Bitcoin.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-jenis Spoofing Serta Cara Mencegahnya

3. Pembobolan Rekening

Pada tahun 2018 lalu, terdapat kasus pembobolan sejumlah rekening perusahaan yang dilakukan oleh seorang wanita bernama Debby Larasati alias Grace Amelia. Pelaku melakukan fraud scam dengan mencuri Email milik korban. Pelaku akan mengirimkan Email kepada korban menggunakan Email yang mirip dengan Email asli rekan bisnis korban.

Korban akan mengira bahwa Email tersebut dikirim dari rekannya, sehingga korban akan percaya begitu saja dan mengirimkan uang dengan jumlah yang diminta oleh pelaku. Pada akhirnya, korban menyadari Email tersebut merupakan Email palsu setelah mengkonfirmasi dengan perusahaan rekannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

5 Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik di Tahun 2020

Baca
Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca