Contoh Penggunaan Mode Auto Fokus dan Manual Fokus

Contoh Penggunaan Mode Auto Fokus dan Manual Fokus

Sebagai fotografer, Anda harus mengetahui waktu terbaik untuk menggunakan auto fokus dan manual fokus. Auto fokus adalah mode atau fungsi yang terdapat pada kamera untuk membuat fokus secara otomatis. Sedang manual fokus adalah fungsi yang digunakan fotografer untuk menyesuaikan fokus secara manual. Lalu kapan waktu terbaik untuk menggunakan mode auto fokus dan manual fokus ini? Berikut beberapa contoh penggunaannya.

Auto Fokus

1. Subjek yang bergerak

Ketika Anda mengambil gambar dengan subjek yang bergerak dengan cepat seperti kereta atau pacuan kuda, mode ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik dengan memilih mode AF-C ( Continuous AF ). Mode ini dapat mempertahankan fokus secara terus menerus pada subjek yang bergerak dengan cepat.

2. Acara penting

Acara penting seperti pernikahan, konser, dan lain-lain memiliki banyak moment indah yang harus Anda abadikan. Agar tidak ada momen penting yang tertinggal, ada baiknya jika Anda memanfaatkan mode ini. Mode ini akan mengambil fokus secara otomatis, sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengambil foto-foto penting yang lain. 

Manual fokus

1. Macro Photography

Macro photography mengambil gambar subjek yang sangat kecil dari jarak yang sangat dekat. Ketika menggunakan mode ini, sebagian besar lensa kamera akan mengalami kesulitan untuk fokus pada subyek karena jarak yang sangat dekat. Terkadang auto fokus juga mengunci titik fokus yang salah sehingga foto yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menggunakan manual fokus ketika mengambil gambar dengan jarak yang sangat dekat karena manual fokus menempatkan kontrol sepenuhnya di tangan Anda. Anda juga bisa menggunakan tripod untuk meminimalkan gerakan kamera yang dapat membuat gambar menjadi blur. 

2. Situasi kurang cahaya

Ketika kondisi cahaya redup atau kurang, memotret menggunakan auto fokus akan menyulitkan lensa untuk menemukan titik fokus pada subjek yang inginkan. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya Anda memilih menggunakan mode manual fokus. 

Layanan WDI

Web Developer Indonesia menyediakan daftar perusahaan yang menyediakan jasa photography dan video creator. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat foto produk yang menarik untuk website Anda, Anda dapat menggunakan jasa fotografer dari daftar perusahaan yang sudah kami sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca