Contoh Web server yang Paling Banyak Digunakan

Contoh Web server yang Paling Banyak Digunakan

Sebuah website memerlukan web server agar dapat diakses melalui browser dan internet. Tanpa web server, website tidak dapat diakses serta tidak dapat menampilkan apapun. Web server merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut perangkat keras serta perangkat lunak yang memiliki peran untuk menyediakan layanan akses atas berkas-berkas suatu website, kemudian dikirimkan kepada pengguna melalui protocol HTTP ataupun HTTPS.

Saat mengakses halaman website, biasanya mengetik kata kunci yang ingin dicari pada halaman tersebut di browser seperti mozilla, chrome, opera dan sebagainya. Setelah meminta akses untuk menuju ke halaman tersebut, browser akan melakukan permintaan kepada web server. Nantinya akan dicarikan data yang diminta kemudian mengirimkan data tersebut ke browser atau menolak jika data tidak ditemukan.

Setelah mengetahui bagaimana cara web server bekerja, Anda juga perlu mengetahui beberapa contoh web server populer dan sering digunakan oleh pengguna sebagai server web.

Baca Juga: Peran dan Fungsi Web Server dalam Sebuah Website

Contoh Web Server

Berikut merupakan kumpulan contoh web server yang paling banyak digunakan pengguna.

1. Apache

Apache merupakan awal mula software open source alternative dari Netscape yang kemudian pada bulan April 1996 menjadi program yang populer dan sering digunakan di internet. Apache merupakan salah satu server tertua di dunia.

2. NginX

Nginx adalah program yang bersifat open source yang dapat digunakan oleh siapapun secara gratis. Kelebihan yang dimiliki NginX yaitu kemampuannya dalam menghandle trafik yang lebih tinggi dibandingkan dengan Apache.

3. Microsoft Internet Information Service

IIS memiliki fitur File Transfer Protocol (FTP), Ghoper, NNTP dan pengelola web. Server ini hanya didukung OS Windows. PHP pada IIS lebih stabil dan juga cepat.

Baca Juga: Macam-macam Web Server Localhost yang Dapat Anda Gunakan

4. Lighttpd

Lighttpd mengklaim sebagai yang paling hemat resource dan memiliki performa yang bagus karena memiliki system pengaturan load cpu yang cukup efektif. Lighttpd dapat berjalan pada system operasi Windows, Linux dan system operasi UNIX lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Perbedaan Google Indexing dan Crawling

Baca
Software & Hardware

Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

Baca