Panduan dan Sumber Inspirasi Desain web Terbaik

Panduan dan Sumber Inspirasi Desain web Terbaik

Memiliki desain web yang terbaik dan menarik sangatlah penting. Suatu desain web terbaik berpotensi untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda. Membuat sebuah desain yang baik dan menarik bukan lah hal yang mudah, kecuali Anda sudah menerapkan Langkah-langkah yang tepat.

Artikel ini akan menjelaskan cara desain web dalam 15 langkah yang dimulai dari perencanaan hingga penyempurnaan desain.

Panduan Desain Web

Kesalahan yang sering terjadi saat membuat desain web yaitu langsung masuk ke tahap pengerjaan desain. Cara ini merupakan cara yang tidak efektif. Jika desain yang telah dikerjakan ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan, tentunya Anda akan membuat ulang desain tersebut dari awal. Maka dari itu, persiapan dalam proses desain web adalah hal yang mutlak untuk dilakukan.

Baca Juga: Komponen-komponen Utama dalam Responsive Web Design

1. Menentukan Tujuan

Sebuah desain yang tidak berjalan sesuai dengan tujuan pembuatannya bukan termasuk desain yang baik. Suatu website membutuhkan pendekatan desain yang berbeda-beda. Maka, tentukan terlebih dahulu tujuan pengerjaan desain website yang akan Anda lakukan.

2. Menentukan platform

Dalam menentukan platform untuk suatu website, Anda harus cermat. Hal ini akan berdampak pada pengembangan website Anda untuk jangka panjang, baik dari sisi desain maupun fungsinya. Tiga metode yang digunakan dalam pembuatan suatu website, yaitu coding, HTML dan CCS, menggunakan website builder, dan memanfaatkan CMS (Content Management System).

3. Mengamati Tren Desain Website Terbaru

Mengetahui tren baru merupakan hal yang sangat penting. Tentunya Anda tidak harus mengikuti semua tren yang ada. Setidaknya, Anda dapat memahami tren manakah yang mulai diminati pengguna internet. Kemudian menggunakan informasi tersebut untuk menciptakan pola desain yang sesuai dengan bisnis dan jenis pelanggan yang Anda miliki.

4. Mempelajari Desain Website Kompetitor

Penting untuk melakukan riset terhadap kompetitor Anda. Website Anda harus tampil lebih baik. Anda dapat mempelajari berbagai elemen dan pendekatan yang digunakan oleh kompetitor untuk menarik pelanggannya. 48% dari pengunjung menganggap desain website menjadi factor yang menunjukkan kredibilitas suatu perusahaan.

5. Merancang Layout

Layout merupakan Teknik penyusunan elemen suatu website agar tampak lebih menarik. Beberapa elemen website diantaranya yaitu header, konten dan footer. Pengerjaan layout harus diutamakan sebelum menuju ke Langkah desain lainnya. Pada tahap ini, seorang desainer akan membuat draft desain.

6. Memperhatikan Hirarki Visual

Hirarki visual merupakan suatu metode yang mengarahkan pengunjung website untuk menemukan informasi penting terlebih dahulu. Caranya dengan melakukan manipulasi elemen desain sehingga menampilkan elemen tertentu. Dengan hal ini, Anda dapat membuat para pengunjung menemukan informasi yang penting dalam waktu singkat.

7. Berikan Ruang Kosong

Suatu kesalahan dalam perencanaan desain suatu web yaitu memasukkan semua elemen karena dianggap penting. Hal tersebut justru akan membantu website Anda terlihat rumit. Salah satu langkah terbaik yaitu selalu memberikan ruang kosong atau white space yang bertujuan untuk menciptakan kesan elegan dan jeda visual. Ruang kosong dapat membantu elemen penting seperti CTA (Call to Action) terlihat menonjol.

8. Rancang Navigasi

Jangan pernah melupakan penataan navigasi dalam website Anda. Jika seorang pengunjung tidak dapat menemukan apa yang sedang di cari, mereka akan mudah meninggalkan website Anda. Maka dari itu, buatlah navigasi antar halaman dengan menggunakan menu yang sederhana dan mudah dipahami

9. Mengatur Grid

Grid merupakan penataan suatu struktur halaman menjadi beberapa kolom yang bertujuan untuk mengatur konten website. Penggunaan grid akan banyak membantu proses pada desain website Anda. Hal terpenting yaitu grid membantu website Anda untuk mampu beradaptasi dengan berbagai ukuran layar perangkat.

10. Pemilihan Warna

Setelah selesai mengatur elemen untuk website Anda, Langkah berikutnya yaitu dengan memilih warna yang tepat. Warna yang digunakan akan mencerminkan nuansa yang Anda bangun. Warna juga turut menentukan tager pasar yang Anda tuju.

11. Pemilihan Font

Dalam desain web, tipografi mempunya peran untuk menciptakan harmonisasi tata letak yang sudah dirancang sebelumnya. Hasilnya, tampilan keseluruhan website Anda akan tampak lebih menarik.

Tipografi yang pas akan membuat informasi yang ingin disampaikan akan didapatkan dengan mudah. Tipe elemen dari suatu website membutuhkan jenis huruf yang berbeda terkait pesan yang ingin disampaikan. Idealnya, Anda dapat menggunakan dua hingga tiga jenis font.

12. Gunakan Gambar Terbaik

Jika Anda menambahkan berbagai gambar foto maupun background untuk website Anda, pastikan untuk memilih gambar yang representative dengan tujuan bisnis Anda. Selain warna yang sesuai, penembatan suatu gambar juga harus di perhatikan. Harmonisasikan dengan berbagai elemen lainnya. Penting untuk diingat untuk jangan menggunakan foto orang lain tanpa izin. Selain itu, jangan menggunakan resolusi yang terlalu kecil.

13. Membuat Prototype

Berbeda dengan wireframing yang hanya menghasilkan draft sederhana, prototyping bersifat interaktif. Artinya semua asset website berupa gambar ataupun video, penerapan animasi dan struktur website ditampilkan secara detail.

Jika prototype sudah terbuat, Anda dapat menunjukan prototype tersebut kepada tim atau klien Anda dalam sebuah demo. Tahap ini merupakan tahap penting jika terdapat suatu hal yang ingin ditambahkan sebelum beranjak ke proses produksi.

14. Melakukan Pengujian

Tahapan pengujian sangatlah penting untuk memastikan semua tampilan serta fungsi berjalan dengan baik. Jangan sampai melewatkan satu halaman atau elemen pada proses ini. Jika menemukan suatu bug atau kesalahan pada coding, segera memperbaiki hal tersebut. untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat melakukan beberapa kali pengujian dengan melibatkan orang yang berbeda. Anda juga perlu mencatat bagaimana performa yang diberikan website tersebut salama tahapan pengujian.

15. Launch Website

Jika semua tahapan di atas berjalan sesuai dengan rencana, Anda sudah siap untuk mempublikasikan website Anda. Tentu saja, Anda tidak dapat berharap bahwa desain website yang Anda buat sudah 100% sempurna. Namun, dengan mengikuti Langkah-langkah yang tepat, jika terjadi suatu kendala penanganan dapat segera dilakukan.

Baca Juga: 3 Keuntungan yang Anda Dapat dari Web Desain Minimalis

Contoh Desain Web

Berikut merupakan beberapa contoh webite sebagai sumber inspirasi desain web yang menarik.

1. Olusta

Bagi seorang florist yang sedang memikirkan desain website toko Bunga online, website ini dapat dijadikan sebagai inspirasi. Dengan warna pink yang identik dengan keanggunan, pemanfaatan ruang kosong menambahkan kesan elegan pada produk yang ditampilkan. Tidak hanya itu, penggunaan jenis font tulisan tangan tentu menambah kesan produk yang ditawarkan terlihat menjadi lebih special.

2. Awwwards

Awwwards ini memilih desain website terbaik setiap harinya berdasarkan aspek design, creativity, usability, content, dan mobile. Pengunjung juga dapat memberikan komentar kepada berbagai macam website yang ditampilkan.

3. Pinterest

Media sosial yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi desain website terbaik Anda. Dengan mengetik kata kunci web design pada kolom pencarian, Anda dapat menemukan inspirasi web desain lainnya. Anda pun juga dapat menyimpan inspirasi desain dengan mengklik fitur pin yang sudah disediakan.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

5 Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik di Tahun 2020

Baca
Tips & Tricks

Mengenal Model Marketing AIDA: Apa Itu AIDA ?

Baca