Cara Menggunakan FB Debugger untuk Mengontrol Tampilan Link Preview

Cara Menggunakan FB Debugger untuk Mengontrol Tampilan Link Preview

FB debugger menjadi salah satu tool yang mungkin Anda butuhkan jika Anda sering berbagi konten di Facebook. Saat ini, sosial media memang menjadi salah satu platform yang sering digunakan oleh user untuk berbagi banyak hal seperti artikel, video, atau yang lain. Namun sayangnya, preview ditampilkan secara otomatis oleh Facebook sehingga terkadang gambar atau judul yang diperlihatkan tidak sesuai dengan link yang ingin Anda bagikan.

Bagi Anda yang menggunakan FB untuk bisnis, hal tersebut tentu bisa menjadi masalah. Apa yang Anda posting baik itu gambar, deskripsi, atau sebuah link dapat berpengaruh pada persepsi orang mengenai bisnis Anda. Oleh karena itulah alat ini akan berguna untuk Anda.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan USB Debugging di Perangkat Android

Mengenal Facebook Debugger

fb debugger

Facebook Debugger adalah alat yang berfungsi untuk melihat pratinjau yang akan ditampilkan oleh Facebook ketika Anda berbagi link dari sebuah situs web. Alat ini akan memperlihatkan informasi apa yang diambil oleh Facebook dari halaman / situs web Anda. Biasanya ketika berbagi link, Facebook akan menampilkan informasi yang mencakup gambar, URL, judul, dan kutipan / ringkasan. Dengan debugger ini, Anda dapat mengontrol pratinjau yang akan ditampilkan oleh Facebook. Alat ini juga akan menginformasikan jika terdapat error dari link yang Anda bagikan.

Bagaimana Cara Menggunakan FB Debugger ?

fb debugger
  1. Silakan kunjungi situs Facebook debugger di alamat https://developers.facebook.com/tools/debug/
  2. Masukkan link website yang ingin Anda cek.
  3. Klik tombol “debug”.
  4. Tinjau kembali hasil yang ditampilkan. Anda akan melihat pratinjau yang memperlihatkan tampilan link yang Anda posting di halaman Facebook.

Jika pratinjau tidak muncul seperti yang Anda inginkan terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Perbarui Open Graph Meta Tags di Situs WordPress Anda

Saat seseorang berbagi link situs web, crawler Facebook akan mengikis kode HTML halaman web untuk menghasilkan tampilan pratinjau. Untuk memudahkan proses ini, Anda dapat menggunakan sebuah fitur yang disebut Facebook Open Graph meta tag atau og tags.

Facebook Open Graph meta tags adalah kode di belakang layar yang memberi tahu Facebook konten apa yang harus digunakan untuk tampilan pratinjaunya. Sebagian besar plugin WordPress SEO biasanya secara otomatis akan menambahkan fitur ini.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO maka Anda dapat mengatur Facebook Open Graph meta tags dengan cara berikut:

fb debugger
  1. Login ke WordPress.
  2. Klik tab “Social” yang berada di bawah konten artikel Anda.
  3. Pilih Facebook.
  4. Isi detail Facebook title, description, dan image.
  5. Klik “Save Changes”

Baca Juga: Cara Mengatasi Error 404 Not Found yang Terjadi pada WordPress

2. Bersihkan cache WordPress

Langkah selanjutnya adalah membersihkan cache yang ada di website/wordpress Anda. Ada banyak cara untuk menghapus cache tergantung pada plugin yang Anda gunakan. Beberapa plugin tersebut seperti WP Super Cache, WP Fastest Cache, atau WP Rocket. Setelah selesai membersihkan cache, cek kembali menggunakan FB debugger dengan klik tombol “Scrape Again”. Sekarang Anda dapat melihat link preview yang sesuai dengan konten yang ingin Anda bagikan di Facebook.

Berita Seputar Web Developer