Fitur-fitur yang Terdapat Pada Control Panel Hosting

control panel hosting

Control Panel Hosting adalah tool yang memungkinkan penggunanya untuk mengelola semua aspek layanan hosting. Dengan tool ini, Anda dapat melakukan migrasi server, perpindahan server web, dan beragam pengaturan pada sistem admin yang lain hanya dengan beberapa kali klik pada interface admin.

Berikut beberapa fitur control panel hosting yang bisa Anda gunakan.

1. File Manager

Melalui file manager, Anda dapat mengelola sistem file dalam hosting Anda. Anda dapat menyalin, memindahkan, mengganti nama, mengupload file, menghapus file atau pun folder, dan lain-lain. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan windows, Anda tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya karena file manager memiliki kemiripan dengan Windows Eksplorer pada sistem operasi Windows.

2. Database Management

Semakin besar situs website, maka akan semakin banyak pengguna dan semakin banyak pula konten di dalamnya, dan Anda membutuhkan database mangement untuk mengelolanya.

Saat ini, banyak layanan hosting yang menyediakan MySQL sebagai DBMS (Database Management System) yang digunakan. Dengan fitur MySQL database ini, Anda dapat membuat database, user, serta  mengatur hak akses.

Baca Juga: Macam-macam Web Server Localhost yang Dapat Anda Gunakan

3. Backups

Di dalam control panel hosting, fitur ini berfungsi untuk backups dan restore data. Backup menjadi salah satu fitur yang dapat digunakan untuk mengamankan data atau pun informasi yang berada di dalam website agar tidak hilang. Backup data dilakukan dilakukan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan website tidak bisa diakses atau hilangnya data.

4. Subdomain.

Control Panel Hosting juga memiliki fitur yang memungkinan penggunanya untuk membuat subdomain. Subdomain adalah bagian dari sebuah domain utama. Sebagai contoh, Anda menggunakan domain contohwebsite.com, sedang subdomain Anda adalah info.contohwebsite.com. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat subdomain sebanyak mungkin untuk setiap kategori konten website Anda.

5. DNS Management

DNS management adalah fitur control panel hosting yang digunakan untuk mengarahkan domain ke DNS tertentu seperti A record, CNAME, MX dan lain-lain ke layanan / server lain. Dengan fitur ini, Anda akan mendapat kemudahan ketika mengatur dan mengelola DNS record atau catatan DNS domain.

Baca Juga: 4 Proxy Server Paling Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer