3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

3 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jasa Cyber Security 

Menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang ini dirasa semakin perlu untuk menggunakan jasa cyber security. Sudah banyak perusahaan yang mengembangkan website atau pun aplikasi mobile untuk memberi kemudahan untuk para konsumennya. Namun sayangnya, kemajuan teknologi juga diikuti dengan meningkatnya sejumlah serangan cyber.

Para peretas memiliki berbagai metode untuk membobol keamanan dari sistem yang dikembangkan. Mereka berusaha untuk dapat masuk ke dalam sistem, dan melakukan berbagai tindakan yang merugikan.

Salah satu tujuan peretas melakukan serangan cyber adalah untuk mengakses data-data penting di dalamnya. Data yang dicari tidak hanya data rahasia yang ada pada perusahaan, namun juga data pribadi dari pelanggan Anda. Nantinya data-data tersebut akan dipergunakan untuk melakukan sejumlah penipuan, atau bahkan dijual ke pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Sebagai sebuah perusahaan profesional, tentu Anda mengetahui akan pentingnya data-data pelanggan Anda. Jika Anda tidak dapat melindunginya, maka perusahaan bisa terkena sanksi serta kehilangan kepercayaan dari pelanggan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda dapat menggunakan jasa cyber security untuk membantu mengamankan data-data Anda. Jika saat ini Anda masih asing dengan layanan ini, berikut kami berikan penjelasannya.

Apa Itu Cyber Security ?

Cyber security adalah sebuah praktek untuk melindungi komputer, server, perangkat mobile, sistem elektronik, jaringan, serta data dari serangan jahat. Cyber security juga dianggap sebagai keamanan untuk teknologi informasi atau keamanan pada informasi elektronik. 

Jasa cyber security perlu digunakan agar sebuah sistem pada terlindungi dari beragam serangan cyber yang dilakukan oleh peretas. Beberapa serangan tersebut seperti SQL injection, email phishing, Man-in-the-middle, DDOS ( Distributed Denial of Service ), dan masih banyak lagi. Pada umumnya, serangan tersebut berhasil dilakukan oleh peretas karena kurangnya tingkat keamanan pada sistem, adanya celah kerentanan, atau karena kurangnya pemahaman akan pentingnya cyber security.

Baca Juga: Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

jasa cyber security

3 Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkan Jasa Cyber Security

Jika sebuah sistem tidak memiliki cyber security yang kuat, maka sistem akan sangat mudah menjadi target dari beberapa serangan peretas. Itulah mengapa Anda membutuhkan jasa cyber security untuk melindungi sistem serta data-data Anda dari tangan peretas.

Selain itu, terdapat beberapa alasan lain mengapa Anda membutuhkan jasa cyber security untuk perusahaan Anda. Beberapa diantaranya seperti :

1. Serangan cyber terus meningkat

Dengan semakin majunya teknologi, peretas dapat menggunakan beragam metode untuk melakukan serangan cyber. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara di Asia dengan kasus malware tertinggi.

Selain itu, kasus ransomware di Indonesia juga masih berada di peringkat kedua tertinggi di wilayah Asia Pasifik. Sebagian besar serangan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencuri informasi keuangan atau kekayaan intelektual dari korban.

Peretas juga sering memanfaatkan momen ketika menjalankan serangan cyber. Salah satu contohnya adalah serangan yang dilakukan di masa pandemi Covid 19 seperti saat ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sampai 12 April 2020 telah terjadi serangan cyber dengan latar belakang isu pandemi Covid 19. Peretas memanfaatkan rasa takut dan panik untuk menyebarkan malware, ransomware, phishing, web defacement dan lain-lain.

Dengan meningkatkan jumlah serangan cyber, maka Anda membutuhkan sistem keamanan yang baik. Jika Anda menggunakan sitsem dengan cyber security yang kuat serta memiliki cyber security awareness yang baik, maka serangan tersebut tidak akan berhasil dijalankan. Sistem keamanan yang baik akan tetap melindungi data-data Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Baca Juga: 7 Jenis Cyber Crime yang Marak Terjadi di Dunia

2. Menjaga reputasi perusahaan

Saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang mengembngkan aplikasi atau website agar pelanggan bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi, produk, atau jasa yang mereka berikan. Sebagai pemilik perusahaan, Anda perlu memprioritaskan cyber security pada aplikasi yang digunakan untuk melindungi data pribadi pelanggan.

Selain untuk melindungi data pelanggan, cyber security juga perlu dilakukan untuk menjaga reputasi perusahaan Anda. Jika terjadi kebocoran data, perusahaan akan dianggap lalai. Akibatnya, perusahaan akan kehilangan kepercayaan, kehilangan pelanggan, dan pada akhirnya perusahaan akan kehilangan banyak keuntungan. Oleh karena itu, jasa cyber security diperlukan untuk membantu perusahaan menghindari hal-hal tersebut.

3. Terhindar dari tuntutan hukum

Selain kehilangan reputasi, kelalaian perusahaan dalam menjaga data pelanggan atau data rahasia juga dapat menimbulkan sejumlah tuntuan hukum atau pun denda.

Aplikasi atau website perusahaan saat ini digunakan sebagai media untuk pertukaran data. Contohnya adalah aplikasi seperti e-commerce atau aplikasi fintech yang akan meminta data pelanggan untuk berbagai tujuan seperti untuk melakukan transaksi pembayaran. Jika sistem yang digunakan tidak memiliki cyber security yang baik, informasi sensitif tersebut dapat bocor ke tangan peretas.

Indonesia sendiri memiliki peraturan untuk perlindungan data pribadi. Jadi, Anda perlu memprioritaskan keamanan sistem untuk menjaga data-data penting di dalamnya. 

Saat ini sebenarnya sudah cukup banyak perusahaan IT yang menyediakan jasa cyber security. Mereka memiliki tim ethical hacker yang akan melakukan pengujian untuk mengetahui apakah sistem yang dikembangkan sudah cukup kuat dan secure. Melihat sejumlah kerugian yang dapat ditimbulkan dari serangan cyber, maka menjaga keamanan sistem menjadi salah satu hal yang harus selalu diprioritaskan.

Berita Seputar Web Developer

Tips & Tricks

Apa Fungsi Canonical dalam Proses Optimasi SEO?

Baca
Tips & Tricks

7 Rekomendasi Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Bisa Anda Gunakan

Baca
Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca