Jenis-Jenis Bandwidth Yang Terdapat Pada Jaringan Internet

Jenis-Jenis Bandwidth Yang Terdapat Pada Jaringan Internet

Pada penjelasan sebelumnya diketahui bahwa Bandwidth adalah maksimal besaran transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu ketika terjadinya pertukaran data. Bandwidth sendiri sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa terdapat jenis-jenis bandwidth yang dikenal saat ini.

Selain diartikan sebagai maksimal besaran transfer yang dilakukan pada satu waktu, bandwidth dapat juga dianalogikan sebagai lebar dari jalan raya. Sedangkan untuk datanya sendiri dianalogikan sebagai kendaraan yang melintas pada jalan raya tersebut.

Berdasarkan analogi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin besar bandwidth namun arus data kecil, maka lalu lintas data justru akan semakin lancar. Sebaliknya jika bandwidth kecil namun arus data yang masuk terlalu besar, maka lalu lintas data akan melambat bahkan terhenti.

Baca Juga: Pengertian Bandwidth Serta Fungsi-fungsinya

Satuan yang biasanya digunakan untuk mengukur besaran bandwidth adalah Mbps (megabit per second). Jadi, jika internet Anda mempunyai kapasitas bandwidth sebesar 100 Mbps, maka data maksimal yang bisa mengalir dan melewati saluran komunikasi tersebut adalah 100 Mbps per detik.

Sehingga dapat disimpulkan jika semakin besar bandwidth yang Anda dapatkan, maka semakin besar pula data yang bisa Anda terima.

Jenis-jenis Bandwidth

Saat ini, bandwidth dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bandwidth analog dan bandwidth digital. Berikut ini penjelasan dari masing-masing keduanya.

1. Bandwidth Analog

Bandwidth jenis ini merupakan suatu rentang frekuensi yang biasanya diukur menggunakan satuan Hertz/ Hz. Satuan ini dapat menentukan banyaknya data atau informasi yang dapat dialirkan dalam suatu waktu.

2. Bandwidth Digital

Bandwidth ini adalah volume atau jumlah dari suatu data yang dapat dialirkan atau dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya gangguan. Bandwidth jenis ini dinyatakan dalam satuan bps (bit per second).

Baca Juga: Macam-macam Web Server Populer Serta Pengertiannya

Dalam kehidupan sehari-hari, bandwidth juga dibagi dalam dua kategori, yaitu Bandwidth download dan Bandwidth upload.

1. Bandwidth Download

Adalah sebuah batas maksimal yang bisa atau Anda dapatkan saat Anda menerima data menggunakan jaringan internet.

2. Bandwidth Upload

Adalah batas kecepatan maksimal yang bisa Anda dapatkan saat Anda menerima sebuah file atau data saat menggunakan jaringan internet.

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Macam-macam Web Server Populer Serta Pengertiannya

Baca
Technology Information

Contoh Web server yang Paling Banyak Digunakan

Baca
Technology Information

Fungsi dari Localhost Serta Bagaimana Cara Menggunakannya

Baca