Keahlian yang Perlu Anda Pelajari untuk Menjadi Project Manager

Kehadiran Project Manager selalu dibutuhkan dalam suatu perusahaan untuk membantu dan memanage jalannya suatu proyek. Project manager bertugas untuk mengorganisasi serta mengatur timnya untuk dapat mencapai hasil yang sudah direncanakan dengan jadwal dan anggaran yang telah ditentukan. 

Sebagian besar proyek akan mencakup banyak bagian dalam tim mulai dari developer, design grafis, content, dan lain-lain. Tim ini nantinya akan dibantu oleh seorang Project Manager yang akan mengarahkan, mengkoordinasi, memfasilitasi komunikasi, dan memonitor perkembangan proyeknya.  Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Project Manager, berikut beberapa keahlian yang harus Anda miliki dan pelajari .

1. Leadership

Leadership atau keahlian untuk memimpin menjadi soft skill yang harus Anda pelajari. Dengan skill ini seorang Project Manager dapat mengarahkan, memotivasi, memecahkan masalah dari anggotanya di dalam suatu tim. Dengan skill leadership, seorang Project Manager diharapkan tau tindakan yang harus dilakukan agar proyek yang dihanlde bisa selesai sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

2. Technical Skills

Project Manager tentu juga harus memiliki pengetahuan serta pengalaman dalam projek yang sedang di handle. Anda harus sudah familiar dengan metode serta tools yang digunakan dalam projek Anda, dimana software ataupun aplikasi dirancang dan dibangun . Kemampuan teknis bisa Anda dapatkan dari pendidikan formal.

3. Schedulling and Time Management Skill

Anda juga bisa belajar kemampuan dalam mengelola waktu dengan baik . Project Manager akan mengatur agar proyek yang dihanlde bisa selesai sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. 

4. Budgeting and Cost Skills

Project Manager akan dituntut kemampuan untuk membuat anggaran proyek. Dengan demikian , Anda juga harus memiliki pengetahuan mengenai analisis biaya proyek.

5. Communication Skill

Soft skill lain yang haru Anda pelajari adalah cara berkomunikasi yang baik. Seorang Project Manager harus bisa berkomunikasi dengan banyak client dari beragam jenis background. Selain itu Project Manager juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan timnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Software & Hardware

Mengetahui Apa Pengertian dan Fungsi Content Pruning

Baca