Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Python

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman Python merupakan salah satu bahasa level tinggi yang saat ini sedang berkembang. Sintaks di Python membantu para developer untuk melakukan pengkodean dengan langkah-langkah yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Java atau C++. Banyak perusahaan besar yang menggunakan Python untuk mengembangkan aplikasi mereka, seperti Instagram, Youtube, dan lain-lain.

Python banyak digunakan oleh organisasi besar karena paradigma pemrograman yang banyak. Perusahaan pengembang perangkat lunak juga lebih memilih untuk menggunakan Pyhton karena adanya fitur-fitur serbaguna serta penggunaan kode pemrograman yang lebih sedikit.

Kelebihan

1. Library yang luas dan banyak

Bahasa pemrograman Python memiliki library luas dengan beragam modul yang siap untuk Anda gunakan. Di dalamnya terdapat beragam kode untuk beragam keperluan seperti regular expressions, documentation-generation, unit-testing, databases, CGI, email, dan masih banyak lagi. Dengan kelebihan ini, maka Anda tidak perlu lagi menulis kode lengkap secara manual.

2. Meningkatkan produktivitas developer

Bahasa yang sederhana serta library yang luas dapat membuat developer menjadi lebih produktif. Selain itu, dengan Python Anda juga hanya perlu menulis kode lebih sedikit sehingga Anda mempunyai lebih banyak waktu untuk bisa mengerjakan yang lain.

3. Mendukung IoT

Python mendukung Internet of Things (IoT) dengan sangat baik. IoT merupakan teknologi yang dapat menghubungkan benda-benda di sekitar Anda ke dalam sebuah jaringan yang menghubungkan satu dengan yang lain.

4. Embeddable

Pyhton juga dapat ditanam atau disematkan. Anda dapat meletakkan kode Python Anda ke dalam sumber bahasa lain seperti C++. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk  menambahkan kemampuan scripting ke dalam bahasa lain.

Baca Juga: 7 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Indonesia yang Bisa Anda Pelajari

Kekurangan

1. Eksekusi yang lambat

Python merupakan bahasa interpreter yang bekerja dengan menggunakan kompiler. Ketika dijalankan, Pyhton akan bekerja lebih lambat jika dibandingkan dengan bahasa lain. Namun hal ini juga tergantung dari besar atau kecilnya program yang akan dibuat.

2. Lemah dalam komputasi mobile

Bahasa ini lebih cocok digunakan untuk platform desktop dan server tetapi lemah untuk komputasi mobile. Penggunaan Pyhthon kurang cocok untuk pengembangan ponsel dan pengembangan game.

3. Kesalahan Run Time

Python diketik secara dinamis sehingga Anda tidak perlu mendeklarasikan tipe variabel saat menulis kode. Meskipun ini memudahkan developer selama pengkodean, namun dapat meningkatan terjadinya kesalahan pada saat run-time.

4. Kesulitan dalam bahasa lain

Para pengguna Python biasanya akan sangat terbiasa dengan beragam fitur dan library yang luas. Hal ini akan membuat mereka mengalami sedikit masalah ketika belajar atau bekerja dengan bahasa pemrograman yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Software & Hardware

Apa Itu Application Layer ? Apa Saja Fungsinya ?

Baca
Technology Information

Cara Mengatasi Error 404 Not Found yang Terjadi pada WordPress

Baca
Software & Hardware

Langkah-langkah dan Cara Mengatasi HP Bootloop pada Xiaomi

Baca