Keuntungan Bekerja Menggunakan Framework bagi Developer

Saat ini pengembangan aplikasi atau web dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan framework. Sebagai seorang developer, Anda akan dituntut untuk menemukan cara kerja efektif dan efisien ketika proses pengembangan, dan penggunaan framework ini akan sangat membantu Anda. 

Framework merupakan kerangka kerja yang menyediakan fungsi , plugin, serta kebutuhan spesifik dalam pembuatan aplikasi dan web. Selain itu juga dapat digunakan sebagai fondasi ketika membangun sebuah program aplikasi atau web. Dengan bekerja menggunakanya maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.

1. Lebih cepat dan efisien

Tugas yang biasanya harus Anda kerjakan dalam waktu yang lama, dapat Anda lakukan dengan waktu yang lebih cepat. Anda tidak perlu lagi menulis kode dari awal, karena framework telah menyediakan berbagai fungsi yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Di dalam tools ini, biasanya juga sudah terdapat struktur aplikasi yang baik, mulai dari standar coding, best practice, design pattern, dan common function. Dengan beragam kemudahaan yang diberikan, maka proses kerja developer dapat menjadi lebih cepat dan juga efisien.

Baca Juga: 5 PHP Framework Populer yang Sering Digunakan

2. Lebih aman

Framework biasanya bersifat open source dan dapat dikembangkan serta diuji oleh beragam developer. Selain itu, tools ini juga dibuat untuk digunakan kembali, sehinga faktor keamanan menjadi salah satu hal yang diprioritaskan oleh para pengembang. Sangat mungkin bahwa tingkat keamanan yang dimiliki tegolong kuat karena resiko keamanan telah ditangani dan diuji oleh para developer handal. Namun, jika Anda menemukan adanya celah keamanan, maka Anda dapat mengunjungi situs web pengembang dan memberi tahu tim agar mereka dapat segera memperbaikinya.

3. Dokumentasi yang jelas

Keuntungan lain yang Anda dapatkan adalah tersedianya dokumentasi yang rapi, mudah dan jelas. Sehingga dapat memudahkan para developer ketika mengerjakan proyek-proyek dengan skala yang besar. Para developer tidak perlu lagi terlalu lama menghabiskan waktu untuk mempelajari gaya penulisan kode yang berbeda-beda, karena mereka hanya cukup memahami framework yang digunakan dalam proyek tersebut. 

Baca Juga: 5 Kelebihan yang Terdapat dalam Framework Laravel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Seputar Web Developer

Technology Information

Apa Pengertian Breadcrumbs? Mengapa Penting untuk SEO ?

Baca
Technology Information

Metode E-Learning untuk Belajar Bahasa Jepang Dasar 

Baca
Technology Information

Mengetahui Apa Perbedaan Google Indexing dan Crawling

Baca
Software & Hardware

Pengertian dan Tipe-tipe Sistem Keamanan Jaringan

Baca